Kursus dan belajar komputer ms office, digital marketing, web programming, jaringan, linux, windows server, php, vb.net, mysql, mikrotik, seo, web desain, wordpress, cysco, database, oracle di cileungsi


Postingan Terbaru

Info Kursus Komputer YMII Cileungsi : 0858 8188 5768 (Mas Tris)

Senin, 30 Oktober 2023

Penjelasan Elemen Form Yang Ada di HTML

Bismillah..
Semoga Sahabat Rumah Belajar Komputer YMII Soetrisno Soekarno sehat selalu, berikut saya share materi tentang form di HTML dan kita akan bahas tentang elemen yang ada di form HTML.

Di dalam HTML, elemen <form> digunakan untuk membuat formulir atau formulir web. Formulir ini dapat berisi berbagai elemen input yang digunakan oleh pengguna untuk mengirimkan data ke server. Dalam elemen <form>, Anda dapat menggunakan beberapa atribut untuk mengontrol perilaku formulir. Berikut beberapa atribut umum yang digunakan dalam elemen <form>:

action: Atribut ini mendefinisikan URL (Uniform Resource Locator) tempat data formulir akan dikirim setelah pengguna mengirimkan formulir. Misalnya: <form action="proses.php">.

method: Atribut ini menentukan metode HTTP yang akan digunakan saat mengirim data formulir. Dua nilai umum adalah "GET" dan "POST". "GET" mengirimkan data sebagai parameter URL, sedangkan "POST" mengirimkannya dalam tubuh permintaan HTTP. Contoh: <form action="proses.php" method="post">.

target: Atribut ini mengontrol di mana hasil dari pengiriman formulir akan ditampilkan. Nilai umumnya adalah "_blank" (hasil akan ditampilkan di jendela atau tab baru), "_self" (hasil akan ditampilkan di jendela/tab yang sama), "_parent" (hasil akan ditampilkan di frame orang tua, jika ada), atau "_top" (hasil akan ditampilkan di jendela/tab paling atas). Contoh: <form action="proses.php" target="_blank">.

enctype: Atribut ini digunakan jika Anda ingin mengunggah berkas (file) melalui formulir. Nilai umum adalah "application/x-www-form-urlencoded" (nilai default) atau "multipart/form-data". Jika Anda mengunggah berkas, gunakan "multipart/form-data". Contoh: <form action="unggah.php" method="post" enctype="multipart/form-data">.

autocomplete: Atribut ini mengontrol apakah peramban harus memberikan saran otomatis saat pengguna memasukkan data di dalam formulir. Nilai umumnya adalah "on" atau "off". Contoh: <form action="proses.php" method="post" autocomplete="on">.

name: Atribut ini memberikan nama untuk formulir. Ini berguna saat Anda merujuk ke formulir melalui JavaScript atau CSS. Contoh: <form action="proses.php" method="post" name="myForm">.

id: Atribut ini memberikan ID untuk formulir, yang juga dapat digunakan untuk merujuk ke formulir melalui JavaScript atau CSS. Contoh: <form action="proses.php" method="post" id="myForm">.

novalidate: Atribut ini menghentikan validasi bawaan peramban pada formulir. Ini berguna jika Anda ingin melakukan validasi sendiri dengan JavaScript. Contoh: <form action="proses.php" method="post" novalidate>

Ini adalah beberapa atribut umum dalam elemen <form>. Anda dapat menggunakan kombinasi dari atribut-atribut ini untuk mengontrol perilaku formulir Anda sesuai dengan kebutuhan proyek Anda.

tempat belajar web desain di rumah belajar soetrisno soekarno pati jawa tengah dan cileungsi bogor


Tidak ada komentar:

Posting Komentar