Kursus dan belajar komputer ms office, digital marketing, web programming, jaringan, linux, windows server, php, vb.net, mysql, mikrotik, seo, web desain, wordpress, cysco, database, oracle di cileungsi


Postingan Terbaru

Info Kursus Komputer YMII Cileungsi : 0858 8188 5768 (Mas Tris)

Senin, 02 Januari 2023

TENTANG PRINSIP-PRINSIP DESAIN WEB-BELAJAR WEB DESAIN DI YMII CILEUNGSI

Prinsip utama sebuah desain adalah kualitas atau karakteristik bawaan dalam berbagai bentuk seni,seperti keseimbangan,kontras,konsistensi,ruang kosong, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan prinsip-prinsip tersebut situs web diharapkan dapat memiliki desain yang baik dan efektif sehingga yang mudah dibaca dan cepat dimengerti.

A. Keseimbangan 

Sebuah situs web dapat dikatakan ideal jika mempertimbangkan keseimbangan objek tampilannya. Keseimbangan adalah hasil susunan satu atau lebih elemen desain sehingga antara yang satu dengan yang lainnya memiliki bobot yang sama. Secara sederhana dapat dikiaskan keseimbangan dalam desain ini dengan sebuah balok. Bila sisi kanan dan kiri memiliki berat yang sama, ia akan tegak,tidak miring. Keseimnbangan tidak hanya dipengaruhi oleh ukuran objek itu tetapi juga oleh kekontrasan dan bentuk.

Keseimbangan adalah aturan dari kekontrasan visual. Ketika menyusun elemen-elemen dalam suatu halaman situs maka yang harus dipertimbangkan adalah bobot visual dari setiap elemen. Bobot elemen biasanya dapat dikenali dari ukuran objek dan kepadatan detil atau tekstur. Bila kekontrasan antar elemen terlalu besar, keserasian dan keseimbangan akan hilang.


Hubungan antara proporsi dan ukuran harus benar-benar dipertimbangkan pada saat ingin menghadirkan keseimbangan. Setiap objek dalam halaman web harus dipertimbangkan hubungnya dengan objek lain. Sebuah objek yang besar akan terlihat lebih besar bila disampingkan terdapat objek yang berukuran kecil. Hal itu tentu sangat berpengaruh terhadap keseimbangan terhadap keseimbngan tampilan.

1. Keseimbangan Simetris(Formal)

Keseimbangan simetris mempunyai elemen yang bobotnya sama pada dua sisi dan garis vertikal imajiner halaman web.Tata letak simetris ini menghasilkan desain yang statis dan berkesan formal, sederhana, mudah pembuatannya, tetapi membosankan da kurang menarik.Keseimbangan simetris ini sering disebut dengan keseimbangan formal.

2. Keseimbangan Asimetris (Informal)

Keseimbangan asimetris mempunyai elemen yang tidak sama bobotnya pada dua sisi dari garis vertikal imajiner halaman web. Tata letak desainnya tampak lebih dinamis karena adanya ruang kosong.  

B. Kontras

Kontras mudah dipahami, yaitu dengan melihat dari dua objek yang berlainan sehingga tampilan desain berkesan menonjol dan menarik perhatian. Pemberian kontras pada suatu objek haruslah kontras positif, karena jika kontras yang diberikan negatif maka objek tersebut akan menjadi samar-samar, bahkan tidak terlihat karena terserap oleh background.

C. Konsistensi

Konsistensi membuat pengunjung merasa nyaman karen dapat menjelajah situs dengan mudah. Ketika pengunjung membuka suatu halaman situs yang konsisten, dia akan langsung tahu kemana harus pergi dan dia juga tahu sedang berada di mana.

Konsistensi sangat efektif untuk membangun pada margin,layeout,huruf, warna dan terutama navigasi. Navigasi sebaiknya sama antara satu halaman dengan halaman lain. Penggunaan huruf sebaiknya hanya satu atau tiga jenis, sementara untuk warna, gunakan tiga sampai empat. Penggunaan grafik yang konsisten bisa mempercepat penampilan halaman yang lain karena ketika browser menampilkan grafik, browser akan meyimpan sementara (Cache)informais grafik tersebut pada harddisk.

Konsistensi sangat efektif untuk membangun brand perusahaan. Brand bukan hanya logo, tetapi sekumpulan atribut, meliputi logo,slogan,warna,dan kualitas emosional yang diasosiasikan dengan perusahaan dan produk lainnya. Atribut-atribut tersebut memberikan identitas dan kepribadian dan individu, organisasi ataupun perusahaan.

D. Ruang Kosong

Ruang kosong atau whitespace biasanya disebut dengan ruang negatif, suatu istilah yang menggambarkan suatu ruang terbuka diantara elemen-elemen desain.Ruang ksosong memisahkan atau menyatukan elemen-elemen layeout, menegaskan sebuah elemen, atau sebagai tempat istirahat bagi mata. Ruang kosong bisa ditemukan diantara kata,paragraf,huruf,dari teks.Bisa juga diantara gambar dan elemen di halaman web. Ruang kosong sangat besar pengaruhnya dalam sebuah layeout. Ruang kosong ibarat ruang yang disediakan untuk bernafas atua istirahat.

Kita perlu mempertimbangkan seberapa banyak ruang kosong di sekitar elemen yang satu dengan yang lain. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah seberapa besar ruang yang tersedia. Kemudian bagaimana masing-masing gambar dan tulisan saling bekerja sama dalam sebuah layeout.Terakhir, bagaimanakah keseluruhan tampil dari layeout itu.
TENTANG PRINSIP-PRINSIP DESAIN WEB-BELAJAR WEB DESAIN DI YMII CILEUNGSI

Jangan lupa belajar komputer biar ga GAPTEK dan bisa bersaing di era DIGITAL
.
Investasi Terbaik adalah Investasi Ilmu
.
Saat ini, penguasaan ilmu komputer sangat bermanfaat untuk menunjang karir dan pekerjaaanmu
.
Yuk Belajar Komputer di Kursus Komputer YMII Cileungsi
.
Bisa Online atau Offline
.
1 Pengajar 1 Peserta (Privat)
.
Paket Kursus Lengkap dari pemula sampai mahir
.
Info lebih lanjut hubungi:
0858 8188 5768 (Mas Tris)
.
wa: wa.me/6285881885768
.
Lokasi:
Kampus 1
Perum Harvest City Cluster Bromelia B9 No 12 Cileungsi Bogor



Tidak ada komentar:

Posting Komentar