Kursus dan belajar komputer ms office, digital marketing, web programming, jaringan, linux, windows server, php, vb.net, mysql, mikrotik, seo, web desain, wordpress, cysco, database, oracle di cileungsi


Postingan Terbaru

Info Kursus Komputer YMII Cileungsi : 0858 8188 5768 (Mas Tris)

Minggu, 01 Januari 2023

TENTANG DESAIN WEB, DESAINER WEB, FUNGSI SITUS WEB DAN JENIS SITUS WEB - BELAJAR WEB DESAIN DI YMII CILEUNGSI

Apa itu Desain Web?

Desain web adalah seni dan proses dalam menciptakan halaman web tunggal atau keseluruhan dan bisa melihat estetika dan seluk-beluk mekanisme dari suatu operasi situs web  walaupun yang utama memusatkan pada look dan feel dari situs web tersebut. Sebagian dari aspek yang mmungkin tercakup  pada desain web atau produksi web adalah menciptakan animasi dari grafik pemilihan warna,pemilihan font,desain navigasi, menciptakan isi,HTML/XML athoring,JavaScript programming, dan pengembangan e-commerce. Desain web adalah suatu format penerbitan elektronik.

Estetika berasal dari bahasa Yunani aisthesis,yang kemudian dipopulerkan oleh Alexander Gottlieb Baumgarten (1714-1762) dengan nama aesthetica. Secara sederhana estetika dapat diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan keindahan. Estestika mempengaruhi kenyamanan pengguna secara visual karena karya seni yang memenuhi nilai-nilai estetika akan tampak lebih indah dan mudah dicerna.

Desain web yang penuh keterbatasan mengakibatkan karya-karya yang tercipta pada akhirnya memiliki banyak persamaan. Warna,layout,tifografi,dan navigasi sering kali sama satu sama lain akibat keterbatasan tersebut. Oleh sebab itu wajar jika dalam hal ini desain web saling mengispirasi, walau tetap ada batasannya. Masng-masing karya akan diinterprestasikan oleh masing-masing orang. Dari sebuah karya yang menginspirasi mungkin akan dihasilkan banyak karya baru yang lebih indah dan lebih baik. Roland Barthez(1977)menyatakan bahwa "tidak ada karya manusia yang benar-benar asli. Tiap karya selalu berulang. Yang ada adalah pencampuran dan penggabungan dari karya-karya yang telah ada."

Mood adalah dasar dari sebuah desain untuk memberikan pesan kepada pengunjung mengenai perasaan dari situs tersebut. Tampilan situs bisa membawa ke masa lalu, masa kini, atau ke masa mendatang. Juga bisa membawa rasa sedih,gembira/ceria, dan lain-lain. Beberapa elemen dalam situs yang mengekspresikan mood di tampilkan melalui warna,teks, layeout,gambar/grafis,dan efek-efek pendukung lainnya. Mengenali target audien,tema, dan tujuan dari sebuah situs adalah langkah awal yang baik untuk menentukan mood dari sebuah situs.

Desainer Web

Desainer web adalah orang yang bertugas mendesain halaman web. Tugas desainer web secara umum adalah menentukan look dan feel sebuah situs web. Secara langsung atau tidak, ia harus menguasai dan memahami hal-hal yang berkaitan dengan tampilan situs web. Seorang desainer web harus mampu menerapkan berbagai aspek yang terdapat didalam desain web.

Seorang pengunjung biasanya akan merespon apa yang dilihatnya, yang ditampilkan di monitor, pada level psikologi. Seorang desainer web yang baik harus dapat membuat  dan meletakkan elemen-elemen untuk menggoda, menyenangkan, dan memuaskan pengunjungnnya. Tujuannya tidak berhenti pada si pengunjung tetapi membuat pengunjung merespon tujuan situs web itu. Kita bisa melihat hasil penciptaan pengalaman pada pengunjung itu ketika mereka membookmark situs kita, mengingat situs kita, memberi tahu tentang situs kita kepada teman mereka, dan tinggal sebentar di situs kita

Desainer web harus selalu tertarik pada desain grafik,latihan menggambar dan mencorat coret untuk menuangkan ide,imajinasi,kreasi dan penglihatannya;membiasakan untuk mengenali kombinasi warna yang baik,desain halaman web yang bagus,huruf yang cocok dan elemen desain lainnya; belajar mengoperasi aplikasi-aplikasi penyunting dan pengolahan grafik dan animasi;serta belajar HTML,CSS,JavaScript Programming, dan pendukung desain lainnya. Desainer web juga harus konsisten, terus belajar dan mencoba.

Menjadi desainer webyang handal setidaknya harus mempunyai kemampuan mencari dan menemukan ide dan kemudian mengolahannya dalam pikiran menggunakan ideyang didapat secara efektif, menentukan nilai dari ide tersebut, menempatkan dengan benar dan memakainya dengan tepat.

Fungsi Situs Web

Sebelum mendesain web, kita sebaiknya mengetahui dan memahami beberapa fungsi dari situs web agar desain yang kita buat sesuai dengan fungsi situs web tersebut. Secara umum situs web mempunyai fungsi sebagai berikut:

1. Fungsi kompunikasi

Situs web mempunyai fungsi komunikasi pada umumnya adalah situs web dinamis. Karena dibuat menggunakan pemprograman web (server side) maka dilengkapi fasilitas yang memberikan fungsi-fungsi komunikasi, seperti web mail,form,contact,cahtting,forum, dan lain sebagainya.

2. Fungsi Informasi

Situs web yang memiliki fungsi informasi pada umumnya lebih menekankan pada kualitas bagian kontennya karena tujuan konten tersebut  adalah meyampaikan isinya. Situs ini sebaiknya berisi teks dan grafik yang dapat di dowload dengan cepat. Pembatasan penggunaan animasi gambar dan elemen bergerak seperti Shockwave dan Java di yakini sebagai langkah yang tepat, diganti dengan fasilitas yang memberikan fungsi seperti news,profile,Company,Library,Reference, dan lain-lain.

TENTANG DESAIN WEB, DESAINER WEB, FUNGSI SITUS WEB DAN JENIS SITUS WEB - BELAJAR WEB DESAIN DI YMII CILEUNGSI

Jangan lupa belajar komputer biar ga GAPTEK dan bisa bersaing di era DIGITAL
.
Investasi Terbaik adalah Investasi Ilmu
.
Saat ini, penguasaan ilmu komputer sangat bermanfaat untuk menunjang karir dan pekerjaaanmu
.
Yuk Belajar Komputer di Kursus Komputer YMII Cileungsi
.
Bisa Online atau Offline
.
1 Pengajar 1 Peserta (Privat)
.
Paket Kursus Lengkap dari pemula sampai mahir
.
Info lebih lanjut hubungi:
0858 8188 5768 (Mas Tris)
.
wa: wa.me/6285881885768
.
Lokasi:
Kampus 1
Perum Harvest City Cluster Bromelia B9 No 12 Cileungsi Bogor




Tidak ada komentar:

Posting Komentar