Kursus dan belajar komputer ms office, digital marketing, web programming, jaringan, linux, windows server, php, vb.net, mysql, mikrotik, seo, web desain, wordpress, cysco, database, oracle di cileungsi


Postingan Terbaru

Info Kursus Komputer YMII Cileungsi : 0858 8188 5768 (Mas Tris)

Minggu, 08 Januari 2023

MENGENAL TIFOGRAFI - BELAJAR WEB DESAIN DI KURSUS KOMPUTER YMII CILEUNGSI

Tipografi adalah seni huruf, meliputi pemilihan huruf,penentuan ukuran yang tepat,di mana teks dapat diputus, spasi jarak, dan bagaimana teks dapat dengan mudah dibaca. Huruf di web dapat dibuat sebagai bagian dari grafik (image), atau HTML,atau dengan Style Sheet.

Dengan menggunakan HTML dan Style Sheet,kadang akan didapatkan hasil yang kurang memuaskan atau kurang bagus karena bentuk huruf yang kita gunakan mungkin tidak tersedia di komputer pengunjung.Jika komputer si pengunjung tidak mempunyai bentuk huruf yang telah di-set oleh designer web, maka yang akan digunakan adalah tampilan menggunakan bentuk huruf alternatif atau bentuk huruf standard (default).

Designer dapat menentukan pilihan huruf yang mereka buat secara grafik (image),sedangkan yang menggunakan HTML atau Style Sheet dianjurkan untuk menggunakan bentuk huruf yang sudah ada (default). Begitu banyak bentuk huruf yang sudah ada dan kita pun bisa mendapatkan beberapa font-nya secara gratis.

Karena beragamnya bentuk huruf maka agak sulit untuk menentukan pengaruh apa yang bisa ditimbulkannya pada pengunjung. Akan tetapi huruf dibagi dalam beberapa kategori umum yang biasanya masing-masing memiliki gaya tersendiri.

A.Jenis Huruf

Jenis huruf sangat banyak tetapi secara garis besar dapat dikategorikan menjadi lima,yaitu:

1.Serif

Jenis huruf ini berciri mempunyai stroke atau ekor. Bentuk huruf ini ber-kesan resmi/formal dan elegan/intelektual, anggun dan konservatif pada desain. Bentuk hurufnya yang berkaki membuat garis tidak kelihatan sehingga memudahkan mata pembaca untuk menelusuri dan membaca teks. Jadi huruf ini cocok dipakai untuk teks yang panjang dengan jarak spasi yang sedikit.Cocok dipakai untuk organisasi, pemerintahan, pendidikan, dan perusahaan. 

Huruf serif terbagi menjadi 4 jenis,yaitu:

a. Style

Huruf ini memiliki kait dengan bentuk kurva yang menghubungkan denga garis utama huruf sehingga terlihat lebih kuno daripada huruf serif lainnya Contohnya adalah Caslon,Caxton,Garamond,Goudy,Palatino,Early Roman.
Caslon
Garamond
Goudy
Palatino
Gambar 4.1 Jenis Huruf Serif Old Style

b. Transitional

Antara kait dengan garis utama huruf dihubungkan dengan lengkungan yang memiliki sudut pada kaitnya.Contoh dari huruf ini adalah Baskerville, Century,Tiffany,Times.
Baskerville
Century
Times New Roman
Gambar 4.2 Jenis Huruf Serif Transitional

c. Modern

Kait dan garis utama dibentuk dengan sudut-sudut. Huruf serif jenis ini tampak lebih modern daripada huruf serif lainnya. Contohnya adalah Bodoni.
Bodoni
Gambar 4.3 Jenis Huruf Serif Modern

d. Egyptian(Slab Serif)

Egyptian atau Slab Serif memiliki kait yang lebih teba1.Egyptian juga sering dipergunakan pada tema-tema western atau cowboy. Contohnya adalah:Clarenden,Lubalin, Memphis.

2. Sans-Serif

Sans-serif adalah jenis huruf yang tidak memiliki stroke/ekor. Ujungnya bisa berbentuk tumpul (rounded corner) atau tajam.Contoh jenis huruf ini 
MENGENAL TIFOGRAFI - BELAJAR WEB DESAIN DI KURSUS KOMPUTER YMII CILEUNGSI
Jangan lupa belajar komputer biar ga GAPTEK dan bisa bersaing di era DIGITAL
.
Investasi Terbaik adalah Investasi Ilmu
.
Saat ini, penguasaan ilmu komputer sangat bermanfaat untuk menunjang karir dan pekerjaaanmu
.
Yuk Belajar Komputer di Kursus Komputer YMII Cileungsi
.
Bisa Online atau Offline
.
1 Pengajar 1 Peserta (Privat)
.
Paket Kursus Lengkap dari pemula sampai mahir
.
Info lebih lanjut hubungi:
0858 8188 5768 (Mas Tris)
.
wa: wa.me/6285881885768
.
Lokasi:
Kampus 1
Perum Harvest City Cluster Bromelia B9 No 12 Cileungsi Bogor



Tidak ada komentar:

Posting Komentar