Kursus dan belajar komputer ms office, digital marketing, web programming, jaringan, linux, windows server, php, vb.net, mysql, mikrotik, seo, web desain, wordpress, cysco, database, oracle di cileungsi


Postingan Terbaru

Info Kursus Komputer YMII Cileungsi : 0858 8188 5768 (Mas Tris)

Minggu, 11 Desember 2022

Tutorial MySQL - Kursus Database MYSQL di Kursus Komputer YMII Cileungsi

Database Management System (DBMS) adalah aplikasi yang di pakai untuk mengelola basis data. DBMS biasanaya menawarkan beberapa kemampuan yang terintegrasi, seperti:

  1. Membuat,menghapus,menambah,dan memodifikasi basis data
  2. Pada beberapaa DBMS pengolahannya berbasis windows (berbentuk jendela-jendela)sehingga lebih mudah digunakan.
  3. Tidak semua orang bisa mengakses basis data yang ada sehingga memberikan keamanan bagi data.
  4. Kemampuan berkomunikasi dengan program aplikasi yang lain. Misalnya dimungkinkan untuk mengakses basis data MySQL menggunakan aplikasi yang di buat menggunakan PHP.
  5. Kemampuan pengaksesan melalui komunikasi antarkomputer (client server).
MySQL adalah salah satu aplikasi DBMS yang sudah sangat banyak digunakan oleh para programer aplikasi web. Contoh DBMS lainnya adalah: PostgreSQL (freeware), SQL Server, MS Access dari Microsoft, DB2 dari  IBM, Oracle dan Oracle Corp, Dbase, FoxPro, dsb.

Kelebihan dari MySQL adalah gratis, handal, selalu di update dan banyak forum yang memfasilitasi para pengguna jika memiliki kendala. MySQL juga menjadi DBMS yang sering dibundling dengan web server  sehingga proses instalasinya jadi lebih mudah.

Arsitektur Sistem

Arsitektur Sistem maksudnya adalah Konfigurasi sistem secara keseluruhan yang menjadi 'tempat hidup' dari DBMS, basis data dan, aplikasi yang memanfaatkannya.

Beberapa jenis arsitektur sistem yang dapat digunakan adalah:

  • Sistem Tunggal/ mandiri (stand alone)
Pada sistem ini DBMS, basisa data serta aplikasi basis data ditempatkan pada komputer yang sama. Arsitektur ini paling sederhana dan murah. Arsitektur ini dapat kita pilih jika basis data yang dikelola tidak terlalu besar dan lebih bersifat untuk membantu pekerjaan administratif. Sistem mandiri dapat digunakan di rumah masing-masing (untuk latihan), diapotik kecil,wartel,hotel kecil,dsb.
            
  • Sistem tersentralisasi (Centralized Sytem)
Jika yang disentralisasi adalah DBMS-nya maka server-nya disebut application server. Jika yang disentralisasi adalah basis datanya, maka server-nya disebut file server. Sistem tersentralisasi menggunakan application server kurang baik untuk spesifikasi server yang rendah. Karena pekerjaan/proses pada server sangat berat. Sistem tersentralisasi menggunakan file server kurang baik untuk jaringan yang terlalu luas karena transaksi datanya bisa sangat berat dan keamanan kurang terjaga.
  • Sistem Client-Server
Arsitektur ini di buat untuk menutupi kelemahan pada sistme tersentralisasi. Beban server jadi tidak terlalu berat karena Client juga memiliki  DBMS sehingga proses yang bisa dilakukan di Client akan dilakukan di Client akan dilakukan di Client. Lalu lintas antara server dan workstation pun dilakukan dibuat lebih efisien.

Jangan lupa belajar komputer biar ga GAPTEK dan bisa bersaing di era DIGITAL
.
Investasi Terbaik adalah Investasi Ilmu
.
Saat ini, penguasaan ilmu komputer sangat bermanfaat untuk menunjang karir dan pekerjaaanmu
.
Yuk Belajar Komputer di Kursus Komputer YMII Cileungsi
.
Bisa Online atau Offline
.
1 Pengajar 1 Peserta (Privat)
.
Paket Kursus Lengkap dari pemula sampai mahir
.
Info lebih lanjut hubungi:
0858 8188 5768 (Mas Tris)
.
wa: wa.me/6285881885768
.
Lokasi:
Kampus 1
Perum Harvest City Cluster Bromelia B9 No 12 Cileungsi Bogor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar