Kursus dan belajar komputer ms office, digital marketing, web programming, jaringan, linux, windows server, php, vb.net, mysql, mikrotik, seo, web desain, wordpress, cysco, database, oracle di cileungsi


Postingan Terbaru

Info Kursus Komputer YMII Cileungsi : 0858 8188 5768 (Mas Tris)

Selasa, 22 November 2022

Web Server XAMPP

Untuk menguji apakah aplikasi anda berjalan baik atau tidak maka diperlukan yang disebut dengan web server. Web server ini adalah tempat dimana anda menyimpan aplikasi web anda kemudian mengaksesnya melalui internet. Setiap perubahan kecil maupun besar, maka upload ke web server baru setelah itu anda periksa apakah perubahan itu sudah sesuai dengan yang anda inginkan atau belum.

Selain itu dibutuhkan web server ini adalah karena untuk server  side script seperti PHP, pemeriksaan baru akan tampil jika menggunakan web server. Itulah bedanya dengan client side script seperi HTML,CSS, dan JavaScript yang cukup dengan browser anda sudah sesuai dengan keinginan anda atau belum.

Nah coba, bayangkan jika mekanisme diatas anda lakukan dimana anda harus selalu meng-upload script ke web server via internet untuk memeriksa kebenaran script web anda. Dengan koneksi broadband sekaligus, tetap saja mekanisme diatas tentu sangat memakan  waktu dan mengganggu. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan web server local (didalam computer anda sendiri). Dengan solusi ini, maka pemeriksaan apakah perubahan pada script web anda sudah sesuai dengan keinginan anda atau belum adalah semudah “save and refresh”simpan dan kemudian refresh browser.

Ada banyak web server yang bisa menjadi pilihan. Di windows ada Internet  information services (IIS) keluaran dari Microsoft. Aplikasi web server ini sudah support  ASP.NET dan PHP. Anda bisa mendapatkan di http://iis.net/downloads.

Web server lain yang sangat terkenal adalah Apache. Apache sebetulnya merupakan  salah satu projek dari sebuah yayasan yang memiliki banyak projek software gratis untuk digunakan oleh banyak orang. Yayasan itu bernama The Apache Software Foundation.

Aplikasi web server Apache bisa digunakan bukan hanya di windows, tetapi juga linux dan MAX. Apache web server sudah sangat populer di Internet sejak April 1996. Kelebihan lainnya adalah  The Apache Software Foundation sangat tinggi komitmennya untuk terus mengembangkan web server Apache sehingga keterjaminannya untuk senantiasa kompatibel dengan teknologi web terkini sangat tinggi. Dan yang terakhir, begitu banyak forum-forum untuk bertanya  jika kita memiliki masalah dalam penggunaan web server Apache.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar