Kursus dan belajar komputer ms office, digital marketing, web programming, jaringan, linux, windows server, php, vb.net, mysql, mikrotik, seo, web desain, wordpress, cysco, database, oracle di cileungsi


Postingan Terbaru

Info Kursus Komputer YMII Cileungsi : 0858 8188 5768 (Mas Tris)

Minggu, 06 November 2022

Sejarah Internet - Tutorial Kursus Komputer YMII Cileungsi

Internet adalah jaringan global yang menghubungkan komputer-komputer diseluruh dunia. Dengan internet, sebuah komputer bisa mengakses data yang terdapat pada komouter lain di benua yang berbeda. Dengan  internet, semua toko online bisa tetap terbuka selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu tanpa henti. Dengan internet, kejadian penting yang terjadi disuatu negara bisa segera diketahui oleh orang lain di negara yang berbeda.

Jika menilik sejarahnya, Internet dan jaringan komputer adalah hasil evolusi dari ARPANET, sebuah proyek riset tingkat tinggi yang dimiliki oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. DARPA mensponsori perkembangan jaringan yang menggunakan internet protocol (IP),TCP (Transmission Control Protocol) dan UDP (User Datagram Protocol).

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara,University of Utah, dimana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972

Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat diseluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Olah sebab itu ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebuh kecil untuk keperluan non militer seperti, Universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet,yang kemudian disederhanakan menjadi internet.

Pada tahun 1982 istilah "Internet" pertama kali digunakan ,dan TCP/IP diadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut. Pada tahun 1986 diperkenalkan sistem nama domain,yang sekarang dikenal dengan DNS (Domain Name System) yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer. Singkatnya begini, komputer hanya mengenali IP Address. Dengan DNS anda cukup mengingat www.google.com karena DNS nanti yang akan menerjemahkan menjadi 173.194.38.165 dan kemudian diakses oleh komputer kita.

Baca juga:

http://www.rumah-belajar.com/2022/11/apakah-itu-www.html

Berkaitan dengan DNS ini, pada 9 Juli 2012 diisukan akan terjadi kiamat internet yang terjadi. Ini karena telah tersebar DNS Changer keseluruh dunia. DNS Changer adalah program jahat yang dapat mengubah konfigurasi Domain Name Server (DNS) pada komputer korban. Secara diam-diam, program jahat ini mampu mengerahkan DNS korban ke server DNS palsu milik revo digital.

Seharusnya, alamat DNS setiap komputer diarahkan ke server DNS milik penyedia layanan internet (Internet Service Provider-ISP). Penjahat sudah ditangkap oleh FBI  dan kepolisian  Estonia. Pada tanggal 9 Juli 2012 kemarin FBI diperintahkan untuk mematikan DNS palsu tersebut yang di duga akan membuat komputer diberbagai belahan dunia tidak mengakses internet karena dia tidak bisa mendapatkan IP Address sesungguhnya ketika dia mengetikan sebuah alamat web seperti www.google.com. Namun ternyata hal itu tidak terjadi. Orang-orang yang tetap mengakses Internet tanpa hambatan yang berarti.

paket kursus jaringan komputer dengan mikrotik di kursus komputer YMII Cileungsi






Tidak ada komentar:

Posting Komentar