Kursus dan belajar komputer ms office, digital marketing, web programming, jaringan, linux, windows server, php, vb.net, mysql, mikrotik, seo, web desain, wordpress, cysco, database, oracle di cileungsi


Postingan Terbaru

Info Kursus Komputer YMII Cileungsi : 0858 8188 5768 (Mas Tris)

Senin, 07 November 2022

Bagaimana Browser Menampilkan Halaman Web?

Bagaimana browser menampilkan halaman web?

  • Semua halaman web mengandung instruksi-instruksi tentang bagaimana dia akan ditampilkan
  • Browser menampilkan halaman tersebut dengan cara membaca instrukdi-instruksi ini
  • Instruksi yang paling umum tersebut disebut dengan tag-tag HTML
Untuk lebih detailnya, berikut ini adalah ilustrasinya bagaimana browser bekerja:
Misalnya kita ingin membuka sebuah halaman dengan URL http://example.org/wiki/World_Wide_Web.

Yang pertama, browser memecah bagian nama server dari URLnya (Example.org) ke dalam alamat Protocol Internet menggunakan basis data terdistribusi yang dikenal dengan Domain Name System (DNS). DNS kemudian mencari nama URL tersebut kemudian memberikan alamat IPnya seperti misalnya 208.80.152.2. browser kemudian meminta resourse dengan jalan mengirimkan HTTP request melalui internet kepada komputer dengan alamat IP tersebut. Browser membuat request tersebut melalui port tertentu supaya HTTP request yang lain (seperti misalnya pengiriman email) dapat tetap ditangani. Protokol HTTP biasanya menggunakan Port 80.


Komputer yang menerima HTTP request akan mengirimkan request tersebut ke aplikasi web server. Jika web server dapat memenuhi riquest tersebut, dia akan mengirimkan HTTP respone ke browser dan memberikan status sukses semacam HTTP/1.0200 OK.

Web browser akan mengurangi kode HTML, menerjemahkan serta menuliskan teks yang terkandung didalam halaman web ke layer.

Banyak halaman web juga mengandung konten lain seperti gambar,script,CSS,dll. Browser akan membuat HTTP request tambahan pada web server untuk hal tersebut. Ketika browser menerima konten tersebut, browser secara progresif akan me-render konten tersebut dan menampilkan ke layar.

Bagaimana HTTP Bekerja?

Hypertext Transfer Protokol (HTTP) adalah protokol agar cilent dan server bisa berkomunikasi dengan gaya request-respon. HTTP menentukan bagaimana cara pengirimannya, serta bagaimana server dan browser beraksi dan bereaksi terhadap berbagai perintah.

Contoh: Sebuah cilent (browser) mengirim HTTP request ke server, kemudian server mengirim respon kepada cilent. Respon tersebut mengandung status tentang request tersebut dan konten yang di request.

paket kursus video editing di kursus komputer ymii cileungsi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar