Kursus dan belajar komputer ms office, digital marketing, web programming, jaringan, linux, windows server, php, vb.net, mysql, mikrotik, seo, web desain, wordpress, cysco, database, oracle di cileungsi


Postingan Terbaru

Info Kursus Komputer YMII Cileungsi : 0858 8188 5768 (Mas Tris)

Rabu, 16 November 2022

Apa itu JavaScript - Belajar Javascript di Kursus Komputer YMII Cileungsi

HTML fungsi utamanya adalah untuk menampilkan konten di web. CSS fungsi utamanya adalah membuat tampilan lebih rapi dan menarik. Lalu bagaimana dengan sisi programmingnya? U ntuk client side, dimana proses dilakukan sendiri di komputer user, maka pilihan yang paling utama adalah JavaScript. Dengan javaScript anda bisa membuat game, animasi dan bentuk interaktif-interaktif lain di web. Animasi bisa saja menggunakan flash, tapi kita tahu bahwa untuk membuat animasi Flash harus menggunakan program Adove Flash yang tidak murah.

Statement

Kode JavaScript bisa dimasukan ke dalam bagian head maupun body dari dokumen HTML. Sebuah statement/perintah JavaScript biasanya diakhiri dengan semicolon/titik koma. Dengan adanya semicolon, anda bisa menulis beberapa statement JavaScript dalam satu baris. Anda juga mungkin menemukan statement tanpa diakhiri dengan semicolon dan tetap berjalan dengan baik. Itu karena penggunaan semicolon didalam JavaScript bersifat opsional. JavaScript mengabaikan spasi, JavaScript juga besifat casesensitive sehingga antar variabelku tidak sama dengan Variabel ku.

Komentar

Komentar adalah catatan kita terhadap sebagian kode. Karena komentar hanyalah catatan, oleh karena itu dia tidak akan di eksekusi. Karena tidak akan dieksekusi, maka anda bisa menggunakan Bahasa apapun di dalam komentar mulai dari Bahasa inggris, Indonesia, daerah atau bahkan Bahasa alay seklaipun. Yang paling penting adalah Bahasa bisa dimengerti oleh pembacanya.

Komentar ini penting agar kita bisa mengetahui fungsi dari sebuah bagian kode tanpa membaca kodenya, tetapi dengan membaca catatan saja yang tentunya bahasanya lebih manusiawi dari pada Bahasa kode Bahasa JavaScript.

Komentar biasanya diselipkan didekat kode yang ingin kita beri catatan. Caranya bisa menggunakan tanda //. Jika komentar lebih dari satu baris, maka komentar harus diawali dengan tanda /* dan diakhiri dengan */. Sebagai catatan, kita pun bisa menggunakan tanda tersebut untuk menonaktifkan satu/ beberapa baris kode agar tidak dieksekusi. Ini biasanya sering kita lakukan pada saat debugging.

Variabel

Variable adalah tempat menyimpan data. Variable diperlukan karena data bisa berubah-ubah dan sering kaliperlu di kirimkan ke fungsiyang berbeda. Untuk mendeklarasikan (membuat) variable, gunakan kata kunci var. Pengisian nilai pada sebuah variable menggunakan  tanda “=”. Adalah yang bijak untuk menyimpan deklarasi variable pada satu tempat yaitu dibagian awal kode anda. Tujuannya adalah kerapian sehinggan kode mudah dibaca dan supaya pada saat ada kesalahan kode kita identifikasi ini adalah kesalahan deklarasi, kita tahu kode yang tersebut ada dimana.

Cara menggunakan JavaScript dan file ekstrern

Cara berikut adalah menuliskan kode program javascript dalam suatu file teks dan kemudian file teks ynag berisi kode javascript di panggil dari dalam dokumen HTML (khusus netscape mulai versi 3 keatas).

Event Handler

Event adalah sebutan dari satu action yang dilakukan oleh user,seperti klik pada mouse.



brosur paket kursus javascript di kursus komputer ymii cileungsi

brosur kursus nodejs di kursus komputer ymii cileungsi bogor


Tidak ada komentar:

Posting Komentar