Kursus dan belajar komputer ms office, digital marketing, web programming, jaringan, linux, windows server, php, vb.net, mysql, mikrotik, seo, web desain, wordpress, cysco, database, oracle di cileungsi


Postingan Terbaru

Info Kursus Komputer YMII Cileungsi : 0858 8188 5768 (Mas Tris)

Rabu, 18 Mei 2022

Tentang Microsoft SQL Server - Kursus Komputer YMII Cileungsi

Pengertian Microsoft SQL Server

Microsoft SQL Server adalah salah satu software jenis Relational Database Management System (RDBMS) yang cukup sering digunakan. Sesuai namanya, software ini dikembangkan oleh perusahaan besar Microsoft dan cukup scalable. Maksudnya adalah untuk pemakaiannya Microsoft SQL Server bisa dimana – mana dari laptop manapun, ke jaringan server cloud dan lain – lain. Namun istilah scalable ini tetap saja harus memperhatikan persyaratan hardware maupun software.

Sejak rilis pertama kali pada tahun 1989, Microsoft SQL Server sudah menjadi pilihan dari para pengguna database dan hingga saat ini masih banyak dipakai. Perkembangannya pun cukup menjanjikan mulai dari versi SQL Server 1.0 yang pertama dirilis dan hingga saat ini. Fungsinya pun sekarang tidak hanya sebagai RDBMS (Relational Database Management System) saja tapi bisa lebih dari itu, termasuk alat built-in intelijen bisnis, serta bisa juga digunakan sebagai analisis dan pelaporan.

Fungsi Microsoft SQL Server

Sebagai salah satu produk dari perusahaan besar Microsoft, tentunya keberadaan Microsoft SQL Server ini memiliki fungsi yang vital dalam dunia management database. Sesuai dengan namanya software ini melakukan pengelolaan database dengan menggunakan query atau perintah SQL. SQL atau Structures Query Language merupakan suatu bahasa komputer yang diakui dunia dan digunakan untuk mengakses data – data yang tersimpan dalam suatu database.

Fungsi ini juga sangat lekat dengan aktifitas dalam dunia pemrograman, oleh karena banyak developer atau programmer yang memakai Microsoft SQL Server. Meskipun tidak di semua bahasa pemrograman namun keberadaan Microsoft SQL Server juga sangat membantu dalam pengembangan program atau aplikasi yang menggunakan server database. Salah satu fitur lain yang dicari dari Microsoft SQL Server adalah kemampuannya dalam membuat mirroring dan clustering basis data.

Saat ini Microsoft SQL Server sudah diluncurkan lebih dari 7 generasi  dan terbukti available di segala jenis komputer baik 32 bit maupun 64 bit serta masih banyak keunggulan lainnya. Namun meskipun menjadi produk perusahaan besar Microsoft juga bukan berarti aplikasi ini tidak memiliki kekurangan. Dibawah ini adalah uraian kelebihan dari Microsoft SQL Server 

Dapat membuat clustering data

Clustering data adalah suatu bentuk pengelompokan data menjadi beberapa cluster. Seperti yang sempat disinggung sebelumnya Microsoft SQL Server memiliki kelebihan dalam hal clustering data sehingga ini menjadi nilai tambah bagi para programmer atau developer. Dengan adanya clustering data ini maka dapat lebih meringankan pekerjaan management database yang anda lakukan.

Bekerja dengan sangat baik pada OS Windows segala versi

Hal ini sangatlah wajar mengingat dikelola dan dikembangkan sendiri oleh Microsoft maka sudah seharusnya semua produk yang diluncurkan berjalan sangat baik pada OS Windows, tak terkecuali pada Microsoft SQL Server. Mulai dari Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan bahkan sampai Windows 10 bisa diinstal Microsoft SQL Server serta dapat dipastikan akan berjalan dengan sangat baik.

Dapat melakukan backup database

Di dalam Microsoft SQL Server ini juga terdapat fasilitas backup database sebagai langkah pencegahan apabila terjadi gangguan selama proses implementasi. Selain itu fungsi backup database ini juga agar bisa digunakan lebih dari sekali, jika di kemudian hari membangun system yang mirip. Proses pemindahan database ke perangkat lain juga pastinya akan sangat dipermudah.

Pengendalian database secara terpusat

Dengan menggunakan Microsoft SQL Server ini maka pengelolaan database akan dilakukan secara terpusat. Hal ini akan meminimalisir terjadinya miss komunikasi atau kesalahan dalam mengolah serta mengimplementasikan database, karena hanya melibatkan penggunaan satu komputer saja sebagai pusat kendali

Memiliki fitur Recovery dan Restore data

Selain terdapat fitur backup ternyata dalam Microsoft SQL Server juga terdapay fitur recovery dan restore data. Hal ini berguna ketika ada sebagian data dari database anda mengalami kerusakan maka dapat dilakukan recovery lalu restore data.

Kursus Komputer YMII Cileungsi Menyediakan Paket Kursus Komputer Lengkap, Mulai dari Pemula sampai Mahir.

kursus komputer ymii cileungsi

  • Investasi Terbaik adalah Investasi Ilmu
  • Saat ini, penguasaan ilmu komputer sangat bermanfaat untuk menunjang karir dan pekerjaaanmu
  • Yuk Belajar Komputer di Kursus Komputer YMII Cileungsi
  • Bisa Online atau Offline
  • 1 Pengajar 1 Peserta (Privat)
  • Paket Kursus Lengkap dari pemula sampai mahir

Info lebih lanjut hubungi:
0858 8188 5768 (Mas Tris)

Lokasi:
Kampus 1
Perum Harvest City Cluster Bromelia B9 No 12 Cileungsi Bogor




Tidak ada komentar:

Posting Komentar