Kursus dan belajar komputer ms office, digital marketing, web programming, jaringan, linux, windows server, php, vb.net, mysql, mikrotik, seo, web desain, wordpress, cysco, database, oracle di cileungsi


Postingan Terbaru


Jumat, 29 Oktober 2021

Tips Belajar Agar Cepat Paham - Belajar Komputer di Kursus Komputer YMII Cileungsi

Belajar itu tidak hanya sekolah bisa dari nonton berita, dengerin podcast, youtube, atau membaca blog kaya yang kamu lakuin sekarang. Tapi gimana sih caranya memahami semua itu?

Mungkin kamu merasa senang bisa nambah informasi baru tapi ketika kamu di suruh menjelaskan ulang bisa jadi kamu bakal bingung. Sering terjadi ketika kamu belajar hal baru misalnya saat kamu ujian sekolah kamu  berusaha belajar, menghafalkan, namun setelah ujian selesai kamu melupakannya begitu saja. Sebenarnya hal ini bukan sesuatu yang positif, malah bisa di katakan negatif. Sehingga kamu menganggap belajar adalah hal yang buang-buang waktu. Padahal kamu belum tahu saja cara belajar yang menyenangkan. 

Menurut Debora Philip, beberapa orang sering mengalami Ilusion of Competence atau suatu kondisi ketika kamu merasa sudah menguasai suatu hal yang sebenarnya belum kamu kuasai. Kondisi ini memang mengganggu, tapi kondisi ini sangat wajar karena otak kita bukan komputer. Otak kita hanya perlu di latih dan itu perlu waktu untuk memprosesnya. 

Nah, disini saya akan membagikan beberapa teknik belajar yang bisa kamu terapkan, simak ya!


1. Activ Recall

Teknik belajar ini artinya memanggil kembali secara aktif. Pada intinya melatih ingatan dengan mencoba menjelaskan ulang atau bisa juga mengkolaborasikan informasi baru dengan informasi yang kamu punya. Dengan begitu informasi atau materi tersebut tidak hanya tersimpan di memory jangka pendek tapi juga jangka panjang. 

Kamu bisa mulai dengan langkah- langkah berikut. 

a. Mencatat pertanyaan untuk diri sendiri atau orang lain dengan tujuan agar melatih kamu mengingat melalui jawabanmu sendiri atau orang lain. 

b. Latihan mengerjakan soal yang berkaitan dengan materi.  

c. Membuat catatan kecil yang bisa kamu bawa kemana-mana, dengan begitu ketika kamu ada waktu luang bisa membacanya. 

 

2. Teknik Feynman

Menurut Feynmen, cara belajar yang efektif adalah dengan mencoba mengajarkan ke orang lain. Dengan cara ini, kamu akan berusaha untuk membuat dirimu paham dahulu, kemudian kamu baru dapat membantu orang lain paham. 

Ada beberapa langkah untuk belajar dengan teknik feynman,

1. Tentukan hal yang ingin kamu Pelajari

Ambil selembar kertas. Tulis judul beserta hal-hal yang related dengan materi yang ingin dibahas. Kemudian baca dan jelaskan menggunakan bahasamu sendiri. Bayangkan seolah-olah ada orang yang mendengarkan presentasimu. Kamu juga bisa berlatih di depan kaca atau merekam suara sendiri.

2. Tulis Ulang materi yang kamu pelajari

Setelah menentukan materi maka kamu bisa menuliskan materi yang sudah kamu pelajari dengan bahasamu sendiri, ketika sudah di rasa tidak mampu menulisnya maka kamu bia lakukan langkah berikutnya. 

3. Revisi catatan

Setelah dirasa cukup maka cek hasil penjelasanmu dengan materi acuanmu, jika ada yang perlu di revisi maka revisi. Kesalahan itu hal yang wajar, jadi jangan takut mencoba ya. 

4. Ajarkan ke orang lain

Langkah terakhir yakni mengajarkannya ke orang lain. Ajak teman, adik, atau pacar buat dengerin penjelasan kamu mengenai topik tadi. Buka sesi tanya jawab biar lebih menantang. Pertanyaan yang mereka ajukan membantu kamu untuk memahami materi lebih dalam.

Itulah teknik belajar yang bisa kamu coba agar cepat paham, semoga informasi ini bermanfaat. 

Pemilik masa depan adalah ia yang terus belajar. 

Tambah kemampuan dan pengetahuan kamu dengan mengikuti kursus komputer di YMII Cileungsi. 

Ada beragam paket mulai dari pemula sampai mahir. 

Info lebih lanjut hubungi : 085881885768 (Kak Tris). 

tempat kursus komputer untuk masyarakat cibubur, gunung putri, cileungsi, citereup, depok, jonggol, setu, cibarusah

tempat kursus komputer untuk masyarakat cibubur, gunung putri, cileungsi, citereup, depok, jonggol, setu, cibarusah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar