Kursus dan belajar komputer ms office, digital marketing, web programming, jaringan, linux, windows server, php, vb.net, mysql, mikrotik, seo, web desain, wordpress, cysco, database, oracle di cileungsi


Postingan Terbaru


Rabu, 27 Oktober 2021

Peringatan Sumpah Pemuda Tanggal 28 Oktober

kursus komputer

Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar bertanah air satu, berbangsa satu, berbahasa satu : Indonesia, yang tercetus dalam Kongres Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. 

Seperti diketahui, Sumpah Pemuda adalah ikrar yang dilakukan antarpemuda di seluruh suku di Indonesia yang inti sarinya dibuat oleh Mohamad Yamin dengan persetujuan seluruh peserta kongres. 

Sumpah Pemuda berisi cita-cita dan semangat untuk menegakkan kemerdekaan bangsa Indonesia dari jajahan negara lain.

Besarnya peran pemuda Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan, harus dimaknai oleh suatu bangsa.

Alhasil, setiap 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda hingga kini dikenang sebagai bagian peristiwa bersejarah yang dialami oleh bangsa Indonesia dalam fase memperjuangkan kemerdekaan.

Sejarah Singkat Hari Sumpah Pemuda

Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI) menggagas Kongres Pemuda II yang dilaksanakan di tiga gedung berbeda dan dibagi menjadi tiga kali rapat.

Ketua PPPI kala itu adalah Soegondo Djojopoespito. Selain itu kongres ini juga dihadiri para pemuda yang nantinya kerap memiliki peran penting dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia, di antaranya yaitu Kartakusumah (PNI Bandung), Abdulrachman (B.O Jakarta), Karto Soewirjo (P.B Sarekat Islam), Muh. Roem, Soewirjo, Sumanang, Masdani, Anwari, Tamzil, AK Gani, Kasman Singodimedjo, Saerun (wartawan Keng Po), WR Supratman.

Dari Volksraad yang hadir adalah Soerjono dan Soekawati dan dari pihak Pemerintah Hindia Belanda yang hadir adalah Dr. Pyper dan Van der Plas. Total seluruh yang hadir yakni 750 orang.

Kongres dimulai sejak Sabtu, 27 Oktober 1928 di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Waterlooplein (sekarang Lapangan Banteng). Baru kemudian setelah rapat ketiga ini dibacakan sumpah oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Mohamad Yamin.

Sejarawan Anhar Gonggong melansir dari laman merdeka.com mengatakan, istilah Sumpah Pemuda sendiri tidak muncul dalam putusan kongres tersebut, melainkan diberikan setelahnya oleh Yamin kepada Soegondo. "Ik heb een eleganter formulering voor de resolutie" (Saya mempunyai suatu formulasi yang lebih elegan untuk keputusan Kongres ini).

Itulah kata yang dibisikan Yamin kepada Soegondo kala itu. Oleh para pemuda yang hadir, rumusan itu diucapkan sebagai Sumpah Pemuda. Pemuda-pemuda yang hadir tidak secara tegas menyatakan bahwa mereka menyebut ikrar tersebut sebagai sumpah dan melakukan sumpah.

Peran kita sebagai anak muda adalah meneladani semangat dan jiwa berjuang untuk menggapai cita-cita. Bersama kita membangun Indonesia lebih baik lagi. 


Pemilik masa depan adalah ia yang terus belajar. 
Tambah kemampuan komputer kamu dengan mengikuti kursus komputer di YMII Cileungsi, ada beragam paket dari pemula sampai mahir. 

Info lebih Lanjut Hub: 085881885768

Tidak ada komentar:

Posting Komentar