Kursus dan belajar komputer ms office, digital marketing, web programming, jaringan, linux, windows server, php, vb.net, mysql, mikrotik, seo, web desain, wordpress, cysco, database, oracle di cileungsi


Postingan Terbaru

Info Kursus Komputer YMII Cileungsi : 0858 8188 5768 (Mas Tris)

Senin, 11 Oktober 2021

Google AdWords dan Google Adsense

 Apa sih pentingnya berpromosi dengan Google Adwords?

Dalam aktivitas perdagangan dan bisnis, untuk memasarkan suatu barang atau jasa, perusahaan seringkali menggunakan jasa iklan. Inti dari beriklan adalah untuk memperkenalkan, mengingatkan dan mempengaruhi publik agar mau membeli barang atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Tanpa adanya iklan, perusahaan tidak akan bisa secara maksimal mengenalkan produk dan jasanya kepada khalayak luas. 


Nah, jika kalian belum tahu Iklan Online itu apa?
Di bawah ini penjelasannya...

Beberapa tahun yang lalu, jika ingin mengiklankan sebuah bisnis/produk, Anda mungkin akan membeli space iklan di yellow pages, koran/majalah, membagikan brosur di depan pintu rumah/mall, atau bahkan membayar iklan reklame. 
Akan tetapi, sekarang zaman sudah berubah, masyarakat saat ini sudah jarang duduk menikmati kopi pagi sambil membaca koran. Tidak ada lagi pegawai kantoran yang membuka buku atau telepon untuk mencari alamat atau telepon sebuah instansi, bahkan sudah tidak ada lagi anak-anak yang suka membaca majalah anak-anak. Mereka lebih memilih gadget atau media digital sebagai sumber hiburan. Dengan bergantinya aktivitas masyarakat yang berpindah ke media digital, menjadikan Online Advertising (Iklan Online) adalah metode paling efektif dan efisien untuk membantu kegiatan promosi bisnis anda. 

Dengan iklan online, Anda dapat menampilkan iklan kepada banyak orang yang kemungkinan besar tertarik dengan produk dan layanan Anda. Sambil memfilter orang-orang yang tidak tertarik dan Anda akan tahu berapa banyak orang yang melihat dan mengklik iklan Anda.
Anda memiliki banyak cara untuk menjangkau orang-orang dalam iklan di mesin telusur, situs web popular, telepon seluler, dan jejaring sosial. 


Apa Itu Google Adwords?

Google Adwords adalah sebuah layanan pemasangan iklan dari Google Perusahaan ini telah mendesain layanannya sedemikian rupa sehingga Adwords bisa diatur dan dikelola langsung oleh para penggunanya secara online. Dengan demikian, Anda bisa melakukannya langsung dari depan layar komputer. 
Apabila Anda memiliki modal yang agak besar, Anda bisa membayar perusahaan yang menawarkan jasa pengelolaan iklan Adwords Anda.


Ada Adwords dan Adsense, tapi apa kamu tahu perbedaannya?

Anda mungkin pernah mendengar tentang dua platform iklan milik Google, yaitu Google AdWords dan Google AdSense. Namun, apakah Anda sudah mengetahui perbedaannya.
AdWords memungkinkan orang beriklan di Google.com, Google Jaringan Penelusuran (termasuk situs-situs seperti AOL pencarian dan Ask.com), dan Jaringan Display Google. 

Tujuan menggunakan AdWOrds adalah untuk mendapatkan traffic pengunjung di situs, dengan harapan bahwa pengunjung tersebut akan mengkonversi ke penjualan. Pengiklan membayar Google setiap iklan diklik oleh seseorang.

Adsense memungkinkan pemilik website/blog (penerbit/publisher) memonetize website atau blog mereka dengan mendapatkan uang dari iklan AdWords yang ditampilkan di dalam konten website mereka. Pemilik website menerima pembayaran setiap kali salah satu iklan tersebut diklik oleh seseorang. Jika situs Anda memiliki cukup banyak pembaca, Adsense dapat menjadi cara sederhana untuk menghasilkan pendapatan dari konten situs anda. 

brosur kursus komputer ymii cileungsi bogor

brosur kursus komputer ymii cileungsi bogor




Lalu, Apa Perbedaan Adwords dan SEO (Search Engine Optimization)?

Menurut Wikipedia, SEO atau kepanjangan dari Search Engine Optimization adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu, dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Tujuan SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung/pelanggan baru.

Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atau SEO juga semakin meningkat. SEO dapat dilakukan berhasil jika website Anda memiliki peringkat yang baik pada Search Engine Result Page (SERP) untuk hasil pencarian organik. Satu hal yang perlu di perhatikan adalah Search Engine Result Page (SERP) bukan hanya menampilkan iklan layar berbayar (AdWords). Untuk bisa membedakannya, silahkan lihat gambar berikut.

Iklan Adwords (ada tulisan Ads/Iklan)

Hasil Pencarian Organik dengan SEO


Adapun perbedaan antara Adwords dan SEO dapat dilihat pada tabel berikut.



Apa sih kelebihan Adwords?


Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan beriklan melalui Google AdWord, di antaranya:
  1. Jangkauan Pasar Yang Luas
    Google menjangkau 96% pengguna internet di Indonesia dengan berbagai macam perangkat digital, baik itu PC, Laptop, Tablet, atau Smartphone
  2. Tertarget
    Adwords memberi Anda kemampuan untuk menampilkan iklan agar menjangkau orang dengan minat yang spesifik yaitu orang yang tertarik dengan produk dan layanan Anda dan menampilkan iklan yang relevan kepada mereka. AdWords menawarkan beragam cara penargetan, antara lain:
    • Kata Kunci
      Kata – kata atau frasa yang relevan dengan produk dan layanan Anda, yang digunakan untuk menampilkan iklan ketika pelanggan menelusuri istilah tersebut atau mengunjungi situs web yang relevan.
    • Tempat Iklan
      Menampilkan iklan Anda pada mesin pencarian, situs komersial atau situs pribadi.
    • Usia, Lokasi, dan Bahasa
      Anda dapat memilih Usia, Lokasi Geografis, dan Bahasa pelanggan Anda
    • Hari, Waktu, dan Frekuensi
      Menampilkan iklan anda selama jam atau hari tertentu, dan menentukan seberapa sering (frekuensi) iklan Anda muncul.
    • Jenis Perangkat
      Iklan anda dapat muncul pada semua jenis perangkat/gadget, baik itu laptop, tablet atau smartphone. Dan Anda dapat menyesuaikan iklan muncul pada perangkat mana dan kapan.
  3. Terjangkau
    Anda dapat menentukan berapa besar biaya yang akan dikeluarkan per harinya, dan Anda hanya akan membayar saat orang mengklik iklan Anda tersebut, bukan per tayang (kecuali jika Anda memilih metode perhitungan jenis Cost Per Million Impression)
  4. Hasil Sangat Terukur
    Dengan AdWords, Anda dapat mengetahui jika seseorang mengklik iklan Anda, kemudian melakukan suatu tindakan, misal membeli produk, mengunduh aplikasi, atau memesan melalui telepon. Dengan mengetahui iklan mana yang diklik dan mana yang tidak, Anda dapat dengan cepat mengubah stategi kampanye. Hal tersebut nantinya dapat meningkatkan laba atas investasi Anda.
  5. Sangat Fleksibel
    Anda dapat memilih kata kunci apa yang di targetkan, kapan dan bagaimana iklan dimunculkan, dan dapat menentukan apakah mau melanjutkan beriklan, berhenti atau pause terlebih dahulu.

Apa Saja Jenis Jaringan Google Adwords?

Ketika menggunakan AdWords, iklan Anda dapat ditampilkan pada salah satu atau kedua jaringan iklan Google, yaitu Jaringan Penelusuran Google dan Google Display Network.

  1. Search Network atau Jaringan Penelusuran Google adalah di mana iklan Anda muncul di hasil pencarian dengan keywork yang digunakan. Misalkan kita mempunyai sebuah toko online baju muslim dan Anda menggunakan jaringan penelusuran Google AdWords. Maka ketika ada seseorang yang melakukan pencarian di Google dan mengetik kata pencarian “baju muslim” atau “toko baju muslim”, otomatis iklan Anda akan tampil pada halaman hasil pencarian Google, seperti gambar di bawah.


  2. Google Display Network adalah di mana iklan kita akan muncul pada website dan aplikasi Android yang bekerja sama dengan Google/Google Adsense. Berdasarkan data dari Search Engine Lan, jaringan website yang tergabung dalam Google Display Network sangatlah besar di dunia. Total pageviews website yang tergabung dalam Google Display Network melebihi 4 miliar pageviews per bulannya dan sekitar 80% website yang ada di dunia tergabung dalam Google Display Network. Beberapa merupakan website-website ternama, seperti Bisnis.com, Kompas.com, Tribunnews.com, dan lain-lain.



    Berbeda dengan Google Search pada Platform Display Network, iklan dapat berupa text, image, flash ataupun video. Ini adalah cara yang  bagus apabila Anda ingin lebih banyak dilihat atau membangun awerness menggunakan beberapa format materi iklan.

Bagaimana Cara Kerja Adwords?

        Pada dasarnya para pemasang iklan Adwords akan saling berkompetisi untuk kita kunci yang digunakan. Setiap kali orang mencari sebuah kata, frase atau kalimat di mesin pencari Google, maka Google akan menjalankan sebuah lelang/bidding (secara otomatis) yang akan menentukan iklan siapa yang muncul dan di posisi mana.

Adapun metode perhitungan biaya iklan dalam adwords menggunakan beberapa cara:
  1. Cost per click (CPC) ata Biaya Per Klik (BPK)
    Metode perhitungan CPC adalah yang paling sering digunakan, Anda akan dikenakan biaya setiap kali ada yang mengklik iklan Anda. Jadi, apabila iklan tampil namun tidak diklik oleh orang tersebut maka Anda tidak akan dikenakan biaya apa-apa. Jika ingin berfokus pada klik di iklan dan meningkatkan pengunjung ke situs web, sebaiknya Anda menggunakan penawaran BPK.
  2. Cost-per-thousand impressions (CPM) atau Biaya per seribu tayangan (BPS)
    Anda akan dikenakan biaya setiap ada 1.000 orang yang melihat iklan Anda. Biasanya perhitungan metode ini digunakan untuk iklan yang menggunakan Display Network.
  3. Cost-per-acquisition (CPA) atau Biaya per akuisisi (BPA)
    Cara paling advanced dalam periklanan karena Anda hanya membayar apabila goal iklan Anda terpenuhi. Goal tersebut bisa berupa pendaftaran member, penjualan, lama waktu per kunjungan, dan sebagainya.

Lalu, Bagaimana Metode Pembayaran Adwords?

        Secara umum metode pembayaran Adwords hanya melalui Kartu Kredit, Transfer Bank, dan Paypal. Adapun jenis kartu kredit yang bisa digunakan adalah kartu kredit yang berlogo visa dan master card. Kita bisa memilih apakah tagihan Adwords menggunakan mata uang rupiah atau US Dollar, dan dapat memilih metode pembayaran kartu kredit, yaitu:
  1. Pra Bayar
    Metode Pra Bayar adalah metode pembayaran di mana kita melakukan pembayaran terlebih dahulu ke adwords, nantinya adwords akan mengurangi biaya yang telah kita bayarkan sesuai dengan banyaknya biaya yang terpakai pada saat iklan kita diklik oleh orang lain. Metode ini termasuk metode yang paling aman dan direkomendasikan oleh kebanyakan marketer.
  2. Pasca Bayar
    Metode Pasca Bayar adalah metode pembayaran yang dilakukan setelah iklan yang ditayangkan diklik oleh orang lain. Jadi, biaya akan di-charge belakangan. Metode ini cukup riskan jika kita tidak mampu mengkontrolnya dengan baik. 

daftar paket kursus komputer di kursus komputer ymii cileungsi untuk masyarakat cileungsi, cibubur, depok, gunung putri, bekasi











Tidak ada komentar:

Posting Komentar