Kursus dan belajar komputer ms office, digital marketing, web programming, jaringan, linux, windows server, php, vb.net, mysql, mikrotik, seo, web desain, wordpress, cysco, database, oracle di cileungsi


Postingan Terbaru


Kamis, 05 Agustus 2021

Bahasa Pemrograman Web terbaik Untuk Pemula

Pemrograman web menjadi salah satu dari berbagai jenis bidang dalam dunia IT, khususnya di dunia pemrograman. Tujuan dari adanya pemrograman web sendiri adalah agar setiap orang dapat membangun sebuah website menggunakan bahasa pemrograman dengan baik dan benar. 


Ukuran baik dan benarnya itu dapat dikategorikan menjadi 3 bagian. Pertama, dari sisi algoritma programnya, kemudian dari struktur data yang digunakan. Dan terakhir, adalah database (penyimpanan data). Ketiga hal tersebut yang harus benar – benar dikuasai oleh seorang pengembang website atau biasa disebut developer. 


Bagi anda yang masih belum mengenal apa itu web, kami akan jelaskan sedikit mengenai hal tersebut. Web atau website merupakan sekumpulan halaman pada suatu domain yang berada di internet untuk tujuan tertentu dan berisi segala macam informasi berupa data dan dapat diakses melalui halaman utama (homepage) dengan menggunakan bantuan browser (mesin pencari).


Apa itu Pemrograman Web?

Setelah anda mengenal secara singkat apa itu website, saatnya kita mengenal lebih dalam apa itu pemrograman web. Pemrograman web adalah proses pengembangan aplikasi website dengan menggunakan bahasa pemrograman khusus. Proses pembuatan program dibantu dengan software khusus, dapat berupa IDE (Integrated Development Environment) dalam bentuk command line interface maupun GUI (Graphical User Interface).


Orang yang mengembangkan aplikasi website, disebut dengan web developer. Di dalam web developer sendiri masih dibagi lagi menjadi 2 posisi lagi. Dari sisi client ada frontend developer, dan dari sisi server, ada backend developer. Jika anda bisa menguasai keduanya, maka disebut dengan full-stack developer.


Bahasa Pemrograman Web Terbaik untuk Pemula

Sebenarnya, bahasa pemrograman web di dunia sangatlah banyak seiring dengan kebutuhan industri yang terus berkembang pesat. Untuk anda yang masih pemula atau ingin berkarir di dunia pemrograman, kami sarankan untuk mencoba belajar 11 bahasa pemrograman web di bawah ini. 

1. C

Bahasa C merupakan bahasa yang mengadopsi paradigma procedural programming. Saat ini, banyak komunitas developer dari bahasa C sendiri. Bahasa pemrograman yang satu ini sudah cukup lama dan banyak sekali dipelajari baik di tingkat pendidikan menengah maupun tinggi.

Bahasa C mulai dirilis pada tahun 1972 dan menjadi salah satu bahasa yang cukup lama digunakan. C sangat cocok untuk anda yang suka dengan berbagai macam bentuk algoritma dasar pemrograman seperti manipulasi data, aritmatika, fungsi, dll. 

Bagi anda yang baru belajar, kami sarankan untuk mencoba bahasa C terlebih dahulu untuk lebih mengenal logika pemrograman dasar. Tools yang digunakan ada banyak, misalnya anda dapat menggunakan Visual basic, MinGW, Visual Studio Code, dll.  

2. C++

Selanjutnya, ada bahasa C++ yang merupakan bahasa dari pengembangan dari C. Saat ini, banyak developer yang beralih menggunakan C++ daripada bahasa C karena dalam bahasa ini struktur penulisan kode lebih baik dan tidak terlalu panjang. 

Untuk paradigma yang dipakai masih sama dengan bahasa C sendiri. C++ sangat cocok digunakan untuk membuat tampilan aplikasi berbasis desktop maupun web. Tools yang digunakan juga sama dengan C. 

3. Java

Java merupakan bahasa pemrograman yang menerapkan paradigma pemrograman berbasis objek. Konsep ini banyak dipilih oleh para pengembang perangkat lunak karena kode program yang dibuat dapat dibuat seperti objek pada dunia nyata. 

Dikembangkan pada tahun 1990, selain dapat digunakan untuk mengembangkan website, Java juga bisa digunakan baik dalam mobile, maupun desktop. Selain itu, Java juga termasuk ke dalam open – source. 

Untuk menggunakan bahasa ini, anda wajib untuk meng- install terlebih dahulu JDK (Java Development Kit) dan JRE (Java Runtime Environment) sebagai komponen untuk menjalankan Java. Tools yang digunakan pada umumnya menggunakan NetBeans IDE. 

4. Python

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman web yang memiliki struktur penulisan kode sedikit. Selain dapat digunakan untuk pembuatan web, python juga bisa digunakan untuk mengembangan aplikasi dalam bentuk desktop. 

Python sendiri bersifat dinamis dan termasuk ke dalam bahasa program backend. Meskipun Python juga dapat dapat diterapkan pada frontend. Kelemahan dari bahasa ini adalah ketika dijalankan secara statis, maka program akan berjalan kurang efektif.

5. CSS / HTML

CSS (Cascading Style Sheet) atau HTML (Hypertext Markup Language) merupakan bahasa pemrograman untuk membangun aplikasi website dari sisi client (frontend). HTML merupakan bahasa pondasi untuk terbentuknya tampilan sebuah website, dimana CSS berfungsi sebagai pemberi tampilan pada layout website. 

Bagi anda yang masih pemula dan ingin belajar membuat website, maka cobalah untuk belajar kedua bahasa ini untuk membuat tampilan website statis. Biasanya, di tingkat pendidikan menengah maupun tinggi selalu memberikan materi dan pemahaman mengenai dasar pemrograman web. 

6. JavaScript

Bahasa frontend selanjutnya adalah JavaScript. Ketika anda mulai memahami dan dapat membuat sendiri tampilan website sederhana bersifat statis, saatnya anda mulai mencoba untuk membuat website secara dinamis. 

JavaScript di dalam pemrograman web yang berfungsi untuk mengatur dan memberikan berbagai macam interaksi pada website anda. Jika sudah mempelajari JavaScript dengan baik, alangkah baiknya jika anda mencoba untuk belajar framework JavaScript.

7. PHP

Selanjutnya, kita masuk pada bahasa backend yang sering dipakai oleh web developer. PHP (Hypertext Preprocessor) dikembangkan pada tahun 1994 dan banyak website besar seperti Facebook dan Wikipedia yang menggunakan PHP. 

PHP sendiri juga tidak memerlukan compiler dalam penggunaannya. PHP juga didukung oleh banyak sekali web server seperti Apache dengan sistem konfigurasi yang mudah. Selain itu, PHP juga memiliki framework yang dapat membantu developer dalam mengembangkan aplikasi dengan lebih mudah dan cepat, contohnya framework Laravel dan Codeigniter.

8. SQL

Structure Query Language (SQL) adalah bahasa pemrograman yang bertugas untuk menangani bagian database. Bagi web developer yang bekerja sebagai backend, sudah barang tentu selalu menggunakan SQL untuk membantu dalam mengakses dan mengelola database. 

9. TypeScript

TypeScript adalah bahasa pemrograman web yang dibangun berdasarkan JavaScript. Akan tetapi, perbedaan TypeScript dengan JavaScript adalah dari konsep OOP model klasik yang masih memanfaatkan class atau interface. Banyak yang mengatakan bahwa, TypeScript merupakan super-set dari JavaScript. 

10. Ruby

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Ruby adalah dari struktur sintaks yang sederhana. Kemudian, Ruby juga memiliki fitur exception handling yang baik. Meskipun Ruby tidak sepopuler Java, namun masih banyak web developer yang menggunakan Ruby untuk mengembangkan website. 

11. Go

Dan yang terakhir, ada bahasa yang saat ini cukup populer, yaitu Go / GoLang. Go merupakan bahasa pemrograman yang dibuat oleh Google. Kelebihan dari GoLang adalah mudah digunakan, sintaks yang mudah dibaca, dan memiliki sistem integrasi yang bagus.

Kesimpulan

Pemrograman web adalah proses pengembangan aplikasi website dengan menggunakan bahasa pemrograman khusus. Proses pembuatan program dibantu dengan software khusus, dapat berupa IDE (Integrated Development Environment) dalam bentuk command line interface maupun GUI (Graphical User Interface).

Untuk mempelajari bahasa pemrograman yang baik, maka anda harus paham terlebih dahulu mengenai algoritma, struktur data, dan database. Sehingga, untuk kedepannya anda dapat mempelajari berbagai bahasa dengan lebih cepat dan mudah.

Bagi pemula, kami sarankan untuk mempelajari 11 bahasa pemrograman web untuk mengembangkan kemampuan anda dalam bidang web development. Yang terpenting, anda harus memiliki niat dan komitmen yang kuat agar pemahaman anda mengenai pemrograman web akan meningkat. 


source: sekawanmedia.co.id



Skill Komputer penting di miliki oleh semua orang yang ingin tetap bisa bersaing dalam era saat ini.

YUK Belajar Komputer di Kursus Komputer YMII !

Banyak bidang di dalam ilmu komputer itu sendiri.

Bidang-bidang itu meliputi : Programing, Desain Grafis, Web Desain, Gambar Teknik, Video Editing, Digital Marketing, dan masih banyak lagi.

Bidang-bidang ilmu di atas bisa di pelajari mulai dari NOL.

Yang penting adalah kemauan untuk belajar, praktek, ga malu bertanya dan terus mencoba.

So, buat kamu yang mau belajar komputer mulai dari DASAR / pemula sampai tingkat lanjutan bisa belajar di Kursus Komputer YMII Cileungsi.

 

Keunggulan:

- Tempat belajar dan parkir nyaman serta aman

- 1 pengajar membimbing 1 atau 2 peserta

- Tersedia laptop / komputer di lokasi

- Free WIFI

- Bersertifikat

- Waktu Fleksibel (disesuaikan dengan pengajar dan peserta)

- Bisa privat ke rumah (ada tambahan uang transport)

- Biaya kursus terjangkau dan bisa diangsur

 

Tempat belajar :

Kampus 1

Perum Harvest City Cluster Bromelia Blok B9 No 12

Cileungsi Bogor

Kampus 2

Ruko Permata Cibubur J6 No 33

Cileungsi Bogor (satu gedung dengan STIE BII Kampus B Cileungsi)

 

Info : 0858 8188 5768 (Mas Tris)

wa: wa.me/6285881885768

Form Pendaftaran: Bit.ly/DaftarKursusYMII

.

#belajarkomputer #teknikinformatika #sisteminformasi #anakit #kursuskomputer #teknologiinformasi #programmerindonesia #komputer #infoteknologi #ilmukomputer #teknologi #ngoding #mahasiswait #tkj #programmer #dirumahaja #teknikkomputerjaringan #belajarkoding #informasiteknologi #manajemeninformatika #kursus #webdeveloper #koding #laptopmurah #belajarcoding #mahasiswa #teknikkomputer #belajar #belajarweb



Tidak ada komentar:

Posting Komentar