Kursus dan belajar komputer ms office, digital marketing, web programming, jaringan, linux, windows server, php, vb.net, mysql, mikrotik, seo, web desain, wordpress, cysco, database, oracle di cileungsi

Postingan Terbaru

Kamis, 04 Juli 2019

7 KESALAHAN MEMULAI BISNIS ONLINE


"7 KESALAHAN MEMULAI BISNIS ONLINE"

PERTAMA!

Berfikiran bahwa dengan internet semuanya akan menghasilkan secara instan
Paham kan, selama ini mind set kita kebanyakan di bangun dari hal ini, ini sebuah kesalahan umum yang sering kita alami. 

Berfikir bahwa internet dengan dunia digital membuat sesuatu dapat menghasilkan dengan cepat dan tentunya besar. Mengapa ini menjadi sebuah kesalahan? Iya jelas dong, ketika sudah mikir seperti ini, biasanya, seseorang akan melupakan apa yang dinamakan itu sebuah proses. 

Padahal, dari proses inilah kita bisa mendapatkan banyak pelajaran, entah dari sisi bisnis itu sendiri, atau dari sisi kehidupan kita secara umum. Well, internet dan digital marketingnya memang memudahkan, tapi bukan berarti "mereka" bisa membantu kita mendapatkan sesuatu yang instan

KEDUA!

Gak punya mentor sebagai penuntun untuk belajar.
Jika murid membutuhkan guru, jika mahasiswa membutuhkan dosen, maka pebisnis pasti membutuhkan seorang mentor. Pebisnis sesukses apapun, pasti dirinya memiliki seorang mentor yang hebat. 

Permasalahannya, banyak yg berfikiran bahwa, mentor itu adalah seseorang yang bisa mengajari kita ttg hal hal teknis sampai bisa. Padahal, mentor bukanlah hanya sekedar itu, mentor juga adalah orang yang mampu mengarahkan kita ke jalan yang benar dan sesuai dengan apa yang kita pelajari. Cari mentor dari orang yang sudah sukses dibidang anda sebelumnya.

KETIGA!

Semua di pelajari semua di hajar
Maunya banyak ilmu, pengennya segala bidang ilmu bisa dan ahli. ITU SAMA SEKALI GAK SALAH YA! hehe

Tapi ingat, semua itu gak bisa anda pelajari bersamaan di waktu yang sama. Untuk belajar dengan baik, agar semuanya bisa anda nikmati dengan enak, maka belajarlah satu per satu, fokus pada bidang 1 ke bidang lainnya. Jangan semuanya di pelajari. 

Nanti, anda pusing sendiri. Misal, saat ini belajar FB Ads, nah pelajari FB Ads sampai mahir deh. Kalau sudah mahir, baru belajar lainnya!

KEEMPAT!

Jadi superman/superwoman
Ini fatal nih, dan buanyak banget yang ingin jadi superman. Bentar, maksud saya superman bukan superman yang ada di tipi tipi ya haha
Maksud saya superman adalah semuanya dikerjakan sendiri, seakan seakan dia adalah manusia super yang sudah gak butuh bantuan orang lain. 

Bangunlah superteam, bukan jadi superman. YA YA YA YA nanti pasti ada yang ngomong, yaaaa biayanya makin gede dong mas.
Oke, itu bener banget, bahkan profitnya tergolong jadi mengecil, tapi sadar gak sih, dari superteam itu waktu kita makin banyak yang kosong. Waktu kosong ini bisa kita manfaatin untuk mengerjakan hal lain yang lebih bermanfaat. Paham kan maksudnya?

KELIMA!

Lupa lingkungan sekitar
Sudah memulai bisnis online, oke oke saya paham, anda berbisnis di dunia maya. Saya paham betul. Tapi, dari situ, bukan berarti kemudian di hari lain anda tidak berinteraksi dengan lingkungan sekitar anda, tidak bertemu dengan kawan kawan anda, tidak ngopi ngopi santai dengan kawan anda.

Apa salahnya, tutup laptopnya, matikan komputernya, sejenak saja. lalu berangkat ke cafe untuk sekedar ngobrol santai dengan relasi bisnis anda. Bukannya itu asik banget? Hehe

KEENAM!

Gak mau pasang internet stabil
Ini gimana ya jelasinnya, aneh tapi memang faktanya ada hehe
Gini maksudnya, ingin memulai bisnis online, oke deh anggap aja bikin toko online ya. Sudah jelas kan, senjata utamanya adalah INTERNET kannnnn? Terus, pasang internet di rumahnya saja gak mau. 

Ini lucu kan? tapi ada banyak yang begini. maunya cuman pakek paketan data di hape, pakek tathering di hape, pokoknya maunya menghemat dan gak langganan internet. Aneh? JELAS! Karena internet, dalam bisnis online itu ibarat cangkul buat petaninya. 

Bukankah akan lebih mudah jika anda memasang internet di rumah anda, lalu kapanpun bisa online semau anda. Ini lebih asik lebih simple kaaannn?

KETUJUH!

Lupa poin pertama maka kesalahan ketujuh adalah lupa do'a juga.
Poin ini gak perlu di jelasin ya. Anda pasti lebih paham daripada saya ttg ini




Tidak ada komentar:

Posting Komentar