Kursus dan belajar komputer ms office, digital marketing, web programming, jaringan, linux, windows server, php, vb.net, mysql, mikrotik, seo, web desain, wordpress, cysco, database, oracle di cileungsi

Postingan Terbaru

Senin, 26 November 2018

TIPS BICARA DI DEPAN UMUM

TIPS BICARA DI DEPAN UMUM

“Kalau cuman bicara di depan 2..3..5.. temen-temen semua, saya lancar mas!”

“Kalau di depan 20..50..100..200...300..500 orang, gimana?”

Kabur deh.. gemetar! 

Ini tips versi saya, kalau cocok diikutin sadja!
Mungkin ada dua tipe gaya pembicara di depan umum:
1. Orator, dia akan berbicara “kita.. kita.. kita!”
2. Pendongeng, dia akan berbicara “saya begini lho, saya juga begitu, kamu mau ikutan enggak?”

Mau gaya yang mana bisa disesuaikan kondisi, bisa juga juga dikombinasikan keduanya. Yang penting materi dan energinya sampai ke pendengarnya. Kalau cuman bicara 5-10 menit tidak akan menguras energi, tapi kalau sudah 2-3 jam di depan ratusan orang, butuh energi ekstra untuk melakukannya.

Langkah-langkahnya begini:

1. Sehari sebelum jadwal presentasi istirahat yang cukup, jangan tidur terlalu malam. Besok energimu harus ditransfer ke ratusan orang. Gak mau kan energi habis ngomongnya jadi akkk ikk uukk!

2. Sholat hajat 2 rakaat sebelum mulai acara, minta pada ALLAH yang Maha Membolak-balikkan hati, agar materimu bisa diterima dan bisa menjadi energi perubahan untuk yang mendengarnya.

3. Perbanyak baca doa Nabi Musa ketika menghadapi Firaun yang kejam: ‘Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii’ [Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku” (QS. Thoha: 25-28)

4. Persiapkan materi dengan matang, jika ada 100 slide presentasi maka harus menguasai dari 1 sampai 100, dari A sampai Z.. plus plus! Maksudnya? Plus itu jika ada pertanyaan dari hadirin bisa menjawabnya

5. Bedakan materi bentuk kertas dan bentuk slide! Jangan hanya copas! Bikin mata puyeng tulisan kecil-kecilnya. Buatlah point-point dengan tulisan yang besar, beri foto dan gambar yang menarik. Satu slide bisa jadi pembuka materi dalam hitungan menit. Tidak terlalu cepat, tidak juga terlalu lama.

6. Walaupun ada 100 orang belum dikenal, anggap mereka semua kawanmu saja. Tatap matanya, per blok yaa.. kanan, kiri, depan, belakang, bergantian. Bukan empat mata-empat mata.. kelamaan!! Tatapan mata adalah sapaan pertama, kontak hati yang menunjukkan kita peduli dengan mereka.. 

7. Jangan bertele-tele, muter-muter dengan hal lain di luar materi, bikin batasan tegas mana yang harus disampaikan, mana yang tidak. 

8. Ekspresif! Jangan takut wajah jadi jelek! Hehe.. seganteng-secantik apapun ada jeleknya, apalagi yang berwajah biasa, ungkapkan dalam ekspresi yang bisa membuat hadirin terpana!

9. Jika presentasimu lama hingga berjam-jam, bikin selingan pembuang kebosanan dengan game kecil, atau interaksi antar perserta. Putar beberapa video untuk selingan, matikan lampu agar fokus ketika diputar

10. Berhenti sejenak tidak dilarang ketika lupa, tarik nafas, atau izin minum, kembali fokus ke slide, lalu lanjutkan! Bisa juga dibuat pemecah kekakuan.. tinggal bilang “ada yang mau bertanya?”

11. Jangan pernah berkata kasar, berkomentar spontan yang mungkin dianggap lucu tapi berpotensi menyakiti yang mendengar, kontrol lidah adalah kontrol hati. Ketika godaan itu muncul maka langsung istighfar aja berkali-kali. 

12. Buat kesimpulan yang menarik, dari A sampai Z yang sudah dijelaskan, hasilnya adalah begini, begini, begini! Berikan keuntungan dan manfaat yang akan didapatkan. Lalu ajakan kepada tujuan akhirnya, bisa bergabung atau membeli produk, atau mereka menerima gagasanmu. 

13. Ucapkan terimakasih di akhir acara, karena mereka sudah meluangkan waktu hadir dan mendengarkan kita. Berikan penghargaan dengan jabat erat penuh persahabatan, jadikan pertemuan yang penuh kesan!

Tampil pertama, kedua, ketiga, terusss hingga jam terbangmu terus bertambah, itulah yang akan membuat dirimu makin mantap  dan terasah!

Sudah siap tampil di depan?
Berani menyampaikan ide dan gagasan?
Mainkan!!

@Saptuari