Kursus dan belajar komputer ms office, digital marketing, web programming, jaringan, linux, windows server, php, vb.net, mysql, mikrotik, seo, web desain, wordpress, cysco, database, oracle di cileungsi

Postingan Terbaru

Rabu, 18 Juli 2018

ARUBA 215 Wireless Access Point


Seri Aruba AP 210 merupakan access point yang didesain untuk memenuhi kebutuhan enterprise dengan level medium density. Dilengkapi dengan 4 model; seri AP 210 ini merupakan suatu opsi yang sangat menarik.

Pada seri AP 210 ini, Aruba memiliki 4 varian; AP-214, IAP-214, AP-215 dan IAP-215. Seri IAP sendiri memiliki kepanjangan dari Instant Access Point, dimana seri IAP ini dapat berjalan tanpa kehadiran controller. Sedangkan perbedaan seri 214 dan seri 215 adalah dari sisi antenna. Seri 214 dilengkapi dengan konektor RP-SMA berjumlah 3 slot untuk penggunaan antenna eksternal. Penggunaan antenna eksternal ini cocok jika anda ingin memperluas range dari access point milik anda dengan memencarkan antenna yang ada - atau pada kondisi yang lebih ekstrem; menggunakan antenna indoor BTS yang ada didalam gedung dengan tambahan perangkat wifi injector.

Seri 215 sendiri telah dilengkapi dengan 3 internal downtilt omnidirectional antenna per radio dengan konfigurasi 3x3 MIMO. Sebagai catatan, Aruba IAP/AP 215 dirancang dengan posisi mounting horizontal untuk cakupan sinyal yang optimal. Kembali kepada perbedaan seri IAP dan AP - seri IAP memiliki kemampuan sebagai virtual controller. Dengan kemampuan virtual controller, anda tetap mampu melakukan sentralisasi manajemen Aruba IAP 215 milik anda. Access point pertama yang di konfigurasikan didalam jaringan akan berfungsi sebagai virtual controller, dimana access point berikutnya yang masuk kedalam jaringan akan menggunakan/menarik konfirgurasi pada access point pertama tersebut. Kelemahannya? adalah dari sisi kapasitas - sebuah virtual controller tidak mampu melakukan kontrol sebanyak dedicated controller.

Kembali ke Aruba AP 215, perangkat ini sudah mendukung teknologi 802.11ac dengan troughput sampai dengan 1.3Gbps pada frekuensi 5Ghz. Aruba AP 215 mampu mendukung sampai dengan 256 simultan client per radio - dengan penggunaan dual radio, maka Aruba AP 215 mampu mendukung sampai dengan 512 client per access point. Sementara untuk dukungan terhadap jumlah BSSID, Aruba AP 215 mendukung sampai dengan 16 BSSID per radio (total 32 BSSID per access point). Untuk mencegah bottleneck pada jalur uplink, Aruba AP 215 telah dilengkapi dengan 1 port gigabit ethernet yang dilengkapi dengan fitur PoE.