Kursus dan belajar komputer ms office, digital marketing, web programming, jaringan, linux, windows server, php, vb.net, mysql, mikrotik, seo, web desain, wordpress, cysco, database, oracle di cileungsi

Postingan Terbaru

Rabu, 20 Juni 2018

Tutorial Mail Server - Apa Itu Zimbra ?

Untuk tutorial kali ini, saya akan bahas tentang mail server dengan menggunakan zimbra. Nah, kita akan membahas dulu tentang apa itu zimbra atau pengenalan zimbra terlebih dahulu. 

Zimbra Collaboration Suite (ZCS) atau yang sering dikenal dengan Zimbra adalah sebuah produk groupware yang digunakan oleh Zimbra, Inc yang berlokasi di Palo Alto, California, Amerika Serikat. Pada awalnya, perusahaan ini dibeli oleh Yahoo! pada september 2007. Kemudian pada tahun 2010, Zimbra di akuisisi oleh VMWare.


Aplikasi Zimbra sendiri dibuat menjadi dua bagian komponen yaitu server dan client. Zimbra juga memiliki 2 model lisensi, yaitu komersial dengan nama Zimbra Network Edition, dan Zimbra Appliance yang bersifat virtualisasi serta sebuah lisensi lagi yang bersifat open source. 

Perbedaan mendasar antaa versii komersil dan open source terletak pada komponen proprietary yang ditanamkan pada Zimbra. Versi komersil yang tidak ada di versi opensource seperti MAPI Outlook yang meliputi syncronisasi email dan kalender. Selain itu, dari sisi suport pastinya berbeda antara yang komersial dengan opensource. Kita akan mendapat dukungan atau support lebih jika menggunakan Zimbra versi komersial.

Zimbra web client ada sebuah perangkat kolaborasi dengan menggunakan teknnologi AJAX, sehingga fitur-fitur seperti tool tips, drag and drop item, dan right click dapat dilakukan di internet browser, juga ada fitur addons yang dinamakan Zimlet sehingga Zimbra menjadi kaya akan fitur yang kita butuhkan.

Untuk Zimbra server, menggunakan teknologi dari beberapa aplikasi opensources yang sudah matang dan stabil, yang meliputi aplikasi MTA, POP3, LDAP, MySQL, dan lain-lain. Zimbra server dapat di install di beberapa distro linux yang terkenal seperti ubuntu, centos, redhat, dll.

Pembuat Zimbra pertama kalinya adalah Mr. Scott Dietzen, sedangkan nama Zimbra terinspirasi oleh lagu yang dibawakan oleh grup band Talking Heads yang berjudul "I Zimbra".

Versi-Versi Zimbra 
1. Server ada 3 Versi yaitu: Zimbra Network Edition, Zimbra Open Source Edition, dan Zimbra Appliance.

2. Client ada 2, yaitu: Zimbra web access, dan Zimbra Desktop.

Ok..sekian sekilas tentang pengenalan Zimbra dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya..

Source : Buku Panduan Membuat Email Server Dengan Zimbra dari www.jasakom.com