Mengajar dengan hati, memberikan yang terbaik untuk negeri

Postingan Terbaru

Selasa, 26 Juni 2018

Tutorial Linux - CentOS part 1

CentOS yang merupakan singkatan dari community Enterprise Operating System merupakan salah satu distribusi Linux yang berasal dari source code Red Hat yang dikembangkan oleh sebuah komunitas yang disebut CentOS Project.

Red Hat merupakan salah satu diistribusi Linux berbayar namun Centos merupakan software yang dirilisi oleh GPL (General Public License) yang selanjutnya dikembangkan oleh komunitas tersebut. Lebih jelasnya kita bisa mengunjungi situs www.centos.org.

CentOS saat ini sudah digunakan oleh banyak perusahaan karena merupakan salah satu Operating System Linux yang dapat digunakan dalam skala enterprise maupun secara gratis. 

Ada beberapa alasan kenapa CentOS bisa menjadi opsi dari banyak distribusi Linux untuk membangun sebuah server. Selain karena CentOS berasal dari source code RedHat yang dikenal dengan kehandalannya sehingga CentOS didesign semirip mungkin dengan Red hat namun juga karena dukungan hardware dan software yang lebih baik.

Dukungan ini merpakan salah satu alasan yang terpenting dari sebuah distribusi Linux skala enterprise, selain itu kita tidak perlu khawatir, dengan dukungan software paket untuk update sebab centOS memberikan support dalam produknya secara berkala. 

Contohnya adalah versi centOS 7 dengan tanggal rilis 7 juli 2014, dengan full update Q4 2020 dan maintenance update sampai dengan 30 juni 2024.

Untuk instalasi centOS sendiri terbilang sangat mudah bagi anda yang memang sudah terbiasa dengan instalasi OS baik windows maupun linux. Anda bisa memasukan password root dan bisa membuat username dan password anda.

Jika sudah selesai proses instalasi maka akan tampil, tampilan awal seperti dibawah ini :



Masukan user dan password anda.

Nah, demikian tutorial singkat tentang centOS dan sampai jumpa ditutorial selanjutnya.