Mengajar dengan hati, memberikan yang terbaik untuk negeri

Postingan Terbaru

Selasa, 12 Juni 2018

Pembahasan Tentang Firewall - Tutorial Firewall www.rumah-belajar.com

Didalam dunia komputasi, firewall merupakan sesuatu yang penting dan tidak dapat dipisahkan untuk keamanan jaringan dan informasi didalam jaringan komputer.

Nah, apa itu firewall ?

Firewall adalah sebuah sistem network security yang dapat memonitor dan mengontrol incoming/outgoing network  traffic berdasarkan rules yang sudah di tentukan.

Gambar ilustrasi firewall

Gambar.1 Ilustrasi Firewall



Lazimnya firewall diletakkan diantara jaringan publik dan jaringan lokal, seperti di antara jaringan internet dan LAN seperti gambar di atas. Tujuannya pastinya untuk memfilter trafik yang bisa membahayakan jaringan internal kita.

Jenis Firewall

Secara umum, firewall dapat dikelompokan sebagai network firewall dan host-based firewalls. Network firewall dapat mem-filter antara 2 atau lebih network. Host-based firewall menyediakan laposan antara host untuk mengontrol network trafic yang masuk dan keluar dari komputer yang ada di jaringan lokal kita.

Firewall dapat berupa software appliances yang berjalan pada sembarang hardware komputer. Bisa juga berupa hardware-based firewall yang berjalan di hardware khusus seperti CheckPoint, Blue Coat, Cisco ASA, dan lain-lain.

Berikut adalah jenis-jenis firewall :

1. Proxy Firewall

Merupakan firewall jenis lama. Proxy Firewall bekerja sebagai gateway antar network untuk aplikasi tertentu (spesific application).

Proxy firewall menyediakan fungsi lain, seperti content caching, yang akan mencegah koneksi langsung dari network luar, tapi berasal dari cache data yang sudah ada dari hasil download paket data sebelumnya.

2. Statefull Inspection Firewall

Firewall ini dapat melakukan filtering network traffic berdasarkan state, port, dan protoocol. Firewall ini juga dapat memonitor semua aktifitas, mulai dari opening connection hingga termination.

3. Unified Thread Management (UTM) Firewall

UTM device dapat dipandang sebagai gabungan antara stateful inspection firewall dengan intrusion prevention and antivirus.

UTM menyediakan fitur tambahan seperti cloud management, dan lain-lain. UTM lebih memfokuskan diri pada kemudahan pakai dan kesederhanaan interface.

4. Next Generation Firewall (NGFW)

Firewall jenis ini memiliki semua fitur firewall statefill inspection. ditambah lagi fitur pencegahan terhadap advanced malware dan application layer attacks.

5. Thread-Focused NGFW

Firewall ini memiliki semua fitur NGFW dan juga menyediakan advanced threat detection and remediation.