Mengajar dengan hati, memberikan yang terbaik untuk negeri

Postingan Terbaru

Kamis, 31 Mei 2018

Apa itu virtualisasi - Tutorial Virtualisasi server Part 1

Guys, kali ini saya akan bahas sedikit tentang virtualisasi, mulai dari pengertian virtualisasi, manfaat virtualisasi, kelemahan virtualisasi dan juga jenis-jenis virtualisasi.

Ok..langsung kita bahas dulu pengertian virtualisasi.

Apa itu Virtualisasi ??

Menurut KBBI, virtual berarti (secara) nyata, sedangkan akhiran -isasi menyatakan makna melakukan, proses, usaha, atau kegiatan.
Jadi virtualisasi adalah sebuah teknik untuk menyembunyikan karakteristik fisik dari sumber daya komputer atau proses dan kegiatan yang membuat hal-hal sebelumnya nyata dan membutuhkan perangkat yang juga nyata menjadi tidak nyata, namun dapat dirasakan, dinikmati, dan dimanfaatkan keberadaannya.

Apa Manfaat Virtualisasi ?

1. Kemudahan mencoba berbagai sistem operasi tanpa perangkat keras tambahan.
2. Dapat melakukan simulasi sebuah jaringan komputer dengan beberapa layanan yang disediakan tanpa membutuhkan ruang dan biaya lebih.
3. Hemat daya listrik
4. Hemat space atau ruang untuk keperluan komputer server.
5. Memudahkan simulasi sebuah sistem baru sebelum dipasangkan ke sistem produksi.
6. dll

Kelemahan Virtualisasi 

Berikut beberapa kelemahan dari virtualisasi:
1. Membutuhkan prosesor khusus yang sudah mendukung teknologi virtualisasi, yaitu Intel-VT maupun AMD-v
2. Membutuhkan jumlah memori yang lebih besar dari biasanya, karena jumlah memori ini akan dibagi dengan OS yang di instal di virtual nantinya.
3. Membutuhkan kapasitas Harddisk yang lebih besar karena kapasitas hardisik yang ada akan dibagi dengan OS yang di instal di virtual nanti.
4. Untuk perangkat umum atau yang murah, menjalankan layanan virtualisasi dapat memperpendek umur perangkat. Namun hal ini tidak akan terjadi diperangkat yang telat disertifikasi untuk dapat menjalankan layanan virtualisasi.

Jenis-Jenis Virtualisasi 

1. Paravirtualisasi
adalah perangkat keras tidak disimulasikan, tetapi guest OS berjalan dalam domainnya sendiri seolah-olah dalam sistem yang berbeda. Dalam hal ini, guest OS disesuaikan untuk dapat berjalan.

2. Virtualisasi sebagian
tidak semua aspek lingkungan di simulasikan, tidak semua perangkat lunak dapat langsung berjalan. beberapa perlu disesuaikan untuk dapat berjalan dalam lingkungan virtual ini.

3. Full Virtualisasi
Hampir menyerupai mesin asli dan mampu menjalankan perangkat lunak tanpa perlu dirubah.

Ok, sekian dulu pembahasan virtualisasi saat ini dan semoga Allah SWT memberikan waktu dan petunjuk untuk menulis di tutorial selanjutnya.

Bagi anda yang mau belajar lebih tentang virtualisasi server dan bidang ilmu komputer yang lain silahkan ambil kursus/pelatihan komputer di kursus komputer www.rumah-belajar.com

Info pendaftaran hubungi Tris 085 881 885 768