Kursus dan belajar komputer ms office, digital marketing, web programming, jaringan, linux, windows server, php, vb.net, mysql, mikrotik, seo, web desain, wordpress, cysco, database, oracle di cileungsi


Postingan Terbaru

Info Kursus Komputer YMII Cileungsi : 0858 8188 5768 (Mas Tris)

Jumat, 20 Oktober 2017

Ekstraksi citra irisan sagittal dari citra

Bismillah..

Ekstraksi citra irisan sagittal dari citra irisan transversal dengan imtransform.

berikut codingnya  di matlab :

M1 = D(:,64,:,:); size(M1)
M2 = reshape(M1,[128 27]); size(M2)
figure,imshow(M2,map);
title('Sagittal - Raw Data');
T0 = maketform('affine',[0 -2.5; 1 0; 0 0]);
R2 = makeresampler({'cubic','nearest'},'fill');
M3 = imtransform(M2,T0,R2);
figure,imshow(M3,map);
title('Sagittal - IMTRANSFORM')



penjelasan koding :

 Variabel M1 dari code di atas berisi data MRI pada koordinat dimensi kedua bernilai 64, berarti berarti array data irisan ke arah sagittal untuk ke-27 slices.

 Perintah reshape menghasilkan ekstraksi gambar 2 dimensi dari array data 4 dimensi M1. Data hasil reshape merupakan ‘Sagittal-Raw Data’ dengan ukuran matriks 128x27.

 Untuk memperbaiki bentuk irisan agar diperoleh orientasi citra yang tepat dan ukuran yang lebih representatif, dilakukan transformasi affine. 4 buah parameter pertama dalam transformasi affine merupakan elemen matriks 2x2 untuk fungsi rotasi dan dilatasi. Dalam hal ini, dilakukan rotasi citra sebesar 90 derajat dan dilatasi sebanyak 2.5 kali ke arah horizontal. 2 buah parameter transformasi affine terakhir merupakan opeartor translasi. Dalam hal ini tidak dilakukan translasi sehingga operator di-assign dengan nilai 0.

 Selanjutnya untuk memperbaiki kualitas dilatasi, dilakukan interpolasi dengan fungsi resample. Citra diinterpolasi secara cubic untuk arah vertikal dan nearest neighbour untuk arah horizontal. Hasilnya merupakan gambar rekonstruksi ke arah sagittal.

hasil gambar ekstraksi irisan sagital :



semoga bermanfaat untuk temen-temen yang belajar pengolahan citra atau image processing.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar