Kursus dan belajar komputer ms office, digital marketing, web programming, jaringan, linux, windows server, php, vb.net, mysql, mikrotik, seo, web desain, wordpress, cysco, database, oracle di cileungsi


Postingan Terbaru

Info Kursus Komputer YMII Cileungsi : 0858 8188 5768 (Mas Tris)

Senin, 24 April 2017

Pertemuan pertama Internet dan lan - Politeknik LP3I Jakarta Kampus Cileungsi


Jaringan komputer saat ini sudah menjadi kebutuhan di semua bidang kehidupan, mulai dari perusahaan dari yang paling kecil sampai perusahaan besar semuanya membutuhkan jaringan komputer. Lalu apakah yang dimaksud dengan jaringan komputer?

Jaringan komputer adalah dua komputer atau lebih yang saling terhubung melalui media dan metode tertentu untuk berbagi data, informasi, dan sumberdaya dari salah satu komputer tersebut.

Data adalah fakta mentah yang bisa diolah oleh komputer/pemakainya.
Informasi adalah hasil pengolahan data dari input dan pemrosesan data yang bisa di pakai oleh pengguna komputer untuk mengambil suatu keputusan tertentu.

Media untuk jaringan komputer di bagi 2, yaitu dengan kabel dan tanpa kabel (nirkabel/wireless).
Beberapa macam kabel di dalam jaringan komputer :
1. UTP (Unshielded Twisted Pair) / Cat 5
2. STP (Shielded Twisted Pair) / Cat 6
3. Coaxial
4. FiberOptik (FO)



Kabel yang sering dipakai di perusahaan adalah STP dan UTP. STP biasanya digunakan untuk kabel outdoor (diluar ruangan), karena struktur kabel yang lebih kuat dan tebal. Beberapa merk yang terkenal adalah Belden, AMP, Vascolink, Ubiquity, dan lain-lain. Biasanya harga tidak akan bohong, dalam artian kualitas kabel belden dengan harga 1.5 juta tentunya lebih baik dari kualitas vascolink yang harganya 500 ribu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar