Kursus dan belajar komputer ms office, digital marketing, web programming, jaringan, linux, windows server, php, vb.net, mysql, mikrotik, seo, web desain, wordpress, cysco, database, oracle di cileungsi

Postingan Terbaru

Minggu, 21 Agustus 2016

Bentuk-Bentuk Surat

Bentuk Surat adalah pola surat menyurat menurut susunan letak dan bagian - bagian surat. Bentuk - bentuk surat biasanya dipakai dalam kedinasan atau juga keorganisasian. Selain itu bentuk-bentuk surat biasanya memiliki bentuk susunan atau bentuk struktur yang berbeda dengan bentuk surat yang lainnya.

Berdasarkan susunan dan strukturnya surat dibagi menjadi 5 bentuk, yaitu :

1. Full Blck Style : surat yang penulisannya semua dimulai dari pinggir sebelah kiri, artinya mulai dari tanggal, kata penutup, sampai tembusan yang ditulis disebelah bawah penulisannya dimulai dari kiri.

2. Block Style : pada dasarnya sama dengan bentuk full block style, perbedaanya terletak pada penempatan tanggal, salam penutup (ex : hormat kami), nama instansi, nama terang dan nama jabatan yang ditulis disebelah kanan surat.

3. Semi Block Style : sebenarnya hampir sama dengan bentuk block style, perbedaanya terletak pada penulisan isi surat dan tiap alinea baru menjorok (masuk kedalam), pada praktiknya surat dalam bentuk ini banyak dipergunakan oleh instansi dan perusahaan.

4. Hanging Paragraph : sebenarnya bentuknya juga sama dengan bentuk surat block style, perbedaannya terletak pada penulisan alinea di content surat.  awal paragraph di tulis di kiri dan di baris kedua dan seterusnya menjorok ke dalam.

5. Indented Style : penulisan alamat pada surat ini tidak rata atau berbentuk seperti tangga, setiap alinea baru menjorok kedalam.

Berikut adalah gambar struktur dari surat - surat diatas :






Keterangan :

1. Kop Surat
2. Tanggal dibuatnya surat
3. Nomor Surat
4. Lampiran
5. Hal
6. Surat yang di tujukan
7. Salam Pembukaan
8a. Pendahuluan isi surat
8b. Penjelasan isi surat
8c. Penutup isi surat
9. Salam Penutup
10. Nama jabatan
11. Tanda Tangan
12. Nama yang mendatangani
13. Tembusan
14. Halaman lampiran surat/Inisial

Demikian tutorial singkat tentang bentuk surat dan semoga bermanfaat guys...!