Mau belajar komputer??? silahkan ke www.rumah-belajar.com

Mau belajar komputer??? silahkan ke www.rumah-belajar.com
Kami membuka kursus ms. office, programming, desain grafis, auto cad, dll

Postingan Terbaru

www.rumah-belajar.com - Mulailah dari belajar, lalu sedikit demi sedikit kita ajarkan kepada orang lain ilmu yang telah kita punya. Karena sejatinya ilmu itu tidak akan berkurang saat kita bagikan kepada orang lain, namun ilmu itu akan terus bertambah jika kita rajin untuk berbagi..|..membuka kelas baru belajar komputer meliputi microsoft office (word, excell, powerpoint), ms. access, web desain, PHP MySQL, ASP, VB.NET, SQL Server, Desain Grafis, Animasi, AutoCad - Info pendaftaran hubungi 085-881-885-768

Kamis, 16 Juni 2016

Mengcompile File Accd di Ms. Access

Berikut adalah langkah-langkah mengcompile File .accdb ke dalam bentuk aplikasi.
Langkah yang harus Anda persiapkan adalah :
Baca Bismillah dan persiapkan kopi serta makanan ringan di samping anda, kemudian buatlah sebuah folder pada Local Root C: atau D: contoh nama folder untuk kasus ini adalah “SYSTEM” (D:/SYSTEM)
Pada folder yang telah kita buat di atas masukan file icon (gambar untuk menjadi icon system anda), file Microsoft Access, dan buat satu folder lagi dengan nama “database” yang dibiarkan kosong (D:/SYSTEM/database). Untuk file icon, anda bisa memilih (Browse) icon yang ada pada system komputer Anda, dan  jika Anda belum membuat file Microsoft Access, ikuti langkah di bawah ini:
Buatlah sebuah File Microsoft Access (Bisa *.mdb, *.accdb, *.accde) yang di dalamnya sudah memuat struktur database tertentu. Untuk dapat mengkompile file ini agar tampak seperti program mandiri (lepas dari program bawaan microsoft access, maka Anda harus membuat sebuah Form yang akan ditampilkan pertama kali ketika program dijalankan (sebagai menu utama). Jangan lupa, properties dari form itu yang harus diperhatikan adalah :
Pada jendela properties sheet, ubahlah hal-hal sebagai berikut:
Caption = Isi dengan nama sistem yang Anda buat
Pop up = Yes
Modal = No
Auto Center = Yes
Auto Resize = No
Fit to Screen = Yes
Border Style = Sizabel
Record Selectors = No
Vavigation Buttons = No
Control Box = No
Close Button = No (gantinya, anda harus menyediakan command button untuk keluar dari system)
Movable = No
Simpanlah form di atas untuk dijadikan menu utama pada sistem Anda!
Langkah selanjutnya, Anda harus menentukan bahwa form di atas terbuka otomatis ketika file dijalankan, caranya adalah
Klik pada “Cutomize Quick Access Toolbars” yang terletak pada barisan kiri atas menu Access.
Selanjutnya pilih More Commands.
Pada jendela Access Options pilih Current Database
Pada Application Tittle isikan Nama Sistem Anda
Application Icon pilih Browse, dan tentukan file icon yang terdapat pada folder “SYSTEM” yang telah anda persiapkan sebelumnya
Beri tanda centang pada Use as Form and Report Icon
Pada Display Form, tentukan form yang telah anda buat di atas sebagai form yang akan tampil pertama kali file dijalankan
Hilangkan centang pada Display Navigation Pane
OK
Sudah selesai sampai di sini? tentu belum
Sekarang, simpanlah file Anda dengan nama file terserah Anda, dan letakkan pada folder database dalam folder SYSTEM (D:SYSTEM/database) lalu tutuplah file dan program Microsoft Access.
Langkah selanjutnya adalah buka program Microsoft Explorer, lalu buka Folder D:SYSTEM/database. Klik kanan pada file Ms Acces yang telah anda buat, lalu pilih Create shorcut. Berilah nama pada file shortcut tadi sesuai dengan selera Anda, lalu pindahkan file shortcut yang tadinya berada pada folder database ke folder D:/SYSTEM.
Selesai?
Belum donk… sabar ya, namanya juga mengkompile file secara manual.
Oke kita lanjutkan
Klik kanan pada file shortcut yang telah anda pindahkan ke folder SYSTEM, lalu pilih properties, ubahlah Run menjadi Minimize, lalu klik pada Change Icon, pilih Browse, dan tentukan file icon yang telah anda persiapkan pada langkah di atas, lalu klik OK.
Jalankan sistem yang telah Anda buat dengan cukup mengklik file shortcut yang terdapat pada folder D:/SYSTEM, dan Alhamdulillah berhasil.



Kursus, Internet Provider, IT Konsultan, Network Enggineer, Website, Sistem Informasi

Menerima kursus komputer ms. office, web desain, web programming, vb.net, ms. access, ms sql server, desain grafis, mikrotik, jaringan komputer, teknisi komputer - Info hubungi 085 881 885 768